Genjot Penyaluran Kredit, BTN Gandeng Broker Properti Nasional

Kompas.com - 14/11/2020, 13:00 WIB
Ilustrasi. www.shutterstock.comIlustrasi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Jelang akhir 2020, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN berkolaborasi dengan agen properti skala nasional seperti Era Indonesia, Harcourts, LJ Hooker, Loan Market, Remax, Century21, Projek, dan Raywhite.

Kerja sama ini dilakukan guna mendorong pasar properti sekaligus memberikan kemudahan bagi masyarakat di seluruh tanah air untuk segera mewujudkan hunian impiannya.

Kolaborasi bisnis tersebut ditandai dengan penandatanganan program bersama antara BTN dengan agen properti yang dilakukan secara virtual, Rabu (11/11/2020).

Executive Vice President Nonsubsidized Mortgage & Personal Lending Division (NSLD) Bank BTN Suryanti Agustinar menjelaskan, program ini melibatkan sejumlah perusahaan besar yang sudah teruji kiprahnya di bisnis dan industri broker.

“Dengan kerja sama ini kami berharap dapat membatu masyarakat mencari pendanaan untuk membeli properti melalui jasa property agent serta jaringan kantor anggotanya,” ujar Suryanti dalam keterangannya, Sabtu (14/11/2020).

Baca juga: Karena Pandemi, Banyak Karyawan yang Beralih Jadi Broker Properti

Seperti diketahui, Pademi Covid-19 membuat daya beli masyarakat menurun seiring dengan kondisi perekonomian di seluruh dunia termasuk Indonesia yang kian merosot.

Industri properti merupakan salah satu sektor ekonomi yang paling terdampak pandemi. Karenanya, kerja sama BTN dengan broker properti ditargetkan dapat menyasar seluruh masyarakat Indonesia yang membutuhkan hunian.

Kerja sama antara BTN dengan broker tersebut dikukuhkan melalui pelucuran program pemasaran bersama bertajuk “Kangen BTN (Property Agent)".

Masyarakat dapat menikmati berbagai keuntungan, antara lain uang muka atau down payment (DP) mulai 10 persen serta bebas administrasi dan provisi khusus untuk wilayah kota besar seperti Jabodetabek, Bandung dan Surabaya.

Sementara para agen akan mendapatkan marketing fee sebesar satu persen untuk seluruh plafon.

Di masa Pandemi Covid-19 ini, BTN terus melakukan inovasi dalam pemberian kredit KPR, KPA itu juga untuk mensukseskan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dan mendukung industri broker.

Dalam kesempatan ini haadir juga, Wakil Ketua Umum Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (AREBI) Nurul Yaqin mengungkapkan, terwujudnya kerja sama dengan BTN melalui payung organisasi AREBI merupakan momen yang ditunggu-tunggu.

Sebab, hingga kini BTN merupakan satu-satunya institusi keuangan yang paling konsisten membantu pembiayaan industri properti.

“Kami secara institusi mendukung sepenuhnya rencana Bank BTN untuk menjadi the biggest mortgage market in Asia Tenggara,” ungkapnya.

 

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X