Harga Sewa Apartemen Anjlok, Anak Muda Amerika Serbu Manhattan

Kompas.com - 14/11/2020, 12:00 WIB
Manhattan, New York PIXABAY/PexelsManhattan, New York

JAKARTA, KOMPAS.com - Kondisi penyewaan dan penjualan apartemen di Manhattan, New York, Amerika Sertikat sedang anjlok.

Karena pandemi, banyak warga yang berbondong pindah dan mencari tempat yang lebih murah di pelosok pedesaan.

Tak heran, biaya hidup di perkotaan Amerika memang terbilang cukup tinggi. Termasuk harga sewa dan penjualan apartemen untuk kebutuhan tempat tinggal.

Di tengah anjloknya harga pasar sewa dan penjualan apartemen saat ini, berbondong-bondong anak muda yang justru memanfaatkan momen tersebut untuk kembali ke Kota Manhattan.

Penurunan besar dalam harga sewa perumahan dan apartemen ini tampaknya menarik bagi penyewa baru yang lebih muda untuk kembali ke kota.

Baca juga: Demi Pala, Belanda Rela Menukar Manhattan dengan Pulau Run

Berdasarkan laporan Douglas Elliman dan Miller Samuel, data sewa baru di Manhattan pada Oktober 2020 lalu meningkat sebanyak 33 persen. Angka itu tertinggi selama 12 tahun.

Sebelumnya diketahui tipikal penyewaan apartemen di Manhattan yang memberikan diskon cukup besar saja rata-rata turun 19 persen dari tahun lalu atau turun 2.868 dollar AS (Rp 405,5 miliar).

Untuk apartemen yang lebih kecil, yang melayani penyewa yang lebih muda, turun paling banyak.

Sementara harga apartemen studio pun merosot 21 persen, dan harga apartemen satu kamar bergeser 19 persen.

“Saya pikir kita berada pada titik kritis di mana konsumen mulai kembali ke kota,” kata CEO Miller Samuel Jonathan Miller,

Halaman:


Sumber CNBC
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X