Kembangkan Pulau Kei, Maluku Luncurkan Program One Village One Innovation

Kompas.com - 28/10/2020, 12:46 WIB
Pemandangan laguna di Pulau Baer, Kepulauan Kei, Jumat (16/3/2018). Pulau Baer berada di utara pulau Kei Kecil dan dapat dicapai menggunakan perahu cepat. KOMPAS.com/RODERICK ADRIAN MOZESPemandangan laguna di Pulau Baer, Kepulauan Kei, Jumat (16/3/2018). Pulau Baer berada di utara pulau Kei Kecil dan dapat dicapai menggunakan perahu cepat.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kei merupakan pulau yang terletak di wilayah perbatasan Indonesia atau tepatnya di Kabupaten Maluku Tenggara, Provinsi Maluku.

Pulau ini menyimpan aneka ragam sumber daya alam berlimpah dengan suguhan pemandangan eksotis yang berpotensi menarik banyak wisatawan.

Meski demikian, pulau ini belum banyak dikenal oleh masyarakat luas karena berada di wilayah perbatasan timur Indonesia.

Oleh sebab itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maluku Tenggara berkomitmen untuk mengembangkan pulau tersebut melalui program pembangunan desa One Village One Inovation (OVOI) atau satu desa satu inovasi.

Program tersebut diluncurkan jelang peringatan Hari Sumpah Pemuda di Jakarta, Selasa (27/10/2020).

Konsultan Pariwisata Maluku Tenggara Rahtika Diana mengatakan, konsep tersebut baru dilakukan di wilayah Maluku Tenggara.

Baca juga: 2019, Pemerintah Bangun 28,80 Kilometer Jalan di Maluku Tenggara Barat

"Jadi, dengan pilot project ini diharapkan, Maluku Tenggara namanya semakin dikenal (luas)," ujar Rahtika dalam acara tersebut.

Rahtika menjelaskan, program OVOI ini bertujuan untuk mengembangkan potensi desa melalui partisipasi aktif masyarakat setempat untuk membangun wilayah Maluku Tenggara.

Jika partisipasi dan kesadaran tersebut telah terbangun, hal ini akan membuat desa-desa di Maluku Tenggara (termasuk Pulau Kei) menjadi pusat pertumbuhan ekonomi wilayah perbatasan.

Sejauh ini, Pemerintah tengah membangun jalan trans-Kei Besar untuk melancarkan konektivitas di wilayah itu.

Namun, pembangunannya mengalami kendala karena adanya Pandemi Covid-19.

Perlu diketahui, Kei Besar telah ditetapkan sebagai sebagai wilayah perbatasan NKRI berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 6 tahun 2017 tentang Penetapan Pulau-pulau Kecil Terluar.

Selain itu, Peraturan Presiden RI Nomor 18 tahun 2020 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional tahun 2020-2024.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X