Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur ke Pulau Sumatera Lewat Jalan Tol, Ini Rincian Tarifnya

Kompas.com - 27/10/2020, 21:54 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah menetapkan cuti bersama mulai 28 Oktober hingga 30 Oktober 2020 dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

Cuti bersama ini dimanfaatkan oleh sebagian besar masyarakat untuk berlibur ke berbagai destinasi wisata ataupun pulang ke kampung halaman. 

Bagi Anda yang ingin berlibur dan pulang ke wilayah-wilayah di Pulau Sumatera, bisa memanfaatkan Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS).

Untuk melintasi JTTS dari ujung selatan Pulau Sumatera yakni Bakauheni di Lampung hingga Tebing Tinggi di Sumatera Utara, Anda hanya perlu mengisi saldo uang elektronik senilai Rp 378.000 sekali jalan.

Untuk kegiatan cuti bersama dan libur panjang ini, badan usaha jalan tol (BUJT) JTTS yakni PT Hutama Karya (Persero), PT Jasa Marga (Persero) Tbk dan PT Waskita Toll Road, kompak tidak memberlakukan diskon tarif.

Baca juga: Begini Perkembangan Koridor Pendukung Jalan Tol Trans-Sumatera

Sebagaimana dikatakan Sekretaris Perusahaan PT Hutama Karya (Persero) Muhammad Fauzan.

"Hingga saat ini, tidak ada program diskon tarif tol di jalan tol yang dikelola Perseroan, terutama di JTTS," kata Fauzan menjawab Kompas.com, Selasa (27/10/2020).

Namun demikian, PT Hutama Karya (Persero) telah menyiapkan pos check point (titik pengecekan) di tiga ruas JTTS, mulai Selasa (27/10/2020) hingga Minggu (1/11/2020).

Ketiga ruas tol tersebut yakni, Tol Terbanggi Besar–Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka), Tol Bakauheni–Terbanggi Besar (Bakter), serta Tol Pekanbaru–Dumai (Permai).

Kehadiran pos pengecekan ini memungkinkan pengguna jalan tol mendapatkan pengecekan suhu tubuh dan cek kesehatan secara gratis.

Pos pengecekan tersebut akan disediakan di KM 87 Jalur A dan KM 20 Jalur Tol Bakter, rest area KM 234 Jalur A dan rest area KM 215 Jalur B di Tol Terpeka.

Berikut rincian tarif tol JTTS dengan jarak terjauh untuk kendaraan Golongan I:

  • Ruas Bakauheni Selatan-Terbanggu Besar Rp 112.500
  • Ruas Terbanggi Besar-Permata Panggang-Kayu Agung Rp 170.500
  • Ruas Palembang-Indralaya Rp 20.000
  • Ruas Medan-Binjai Seksi 2 dan 3 (Marelan-Binjai) Rp 13.000
  • Ruas Belawan-Medan-Tanjung Morawa Rp 8.500
  • Ruas Tanjung Morawa-Tebing Tinggi Rp 53.500 

 

 

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com