Libur ke Pulau Sumatera Lewat Jalan Tol, Ini Rincian Tarifnya

Kompas.com - 27/10/2020, 21:54 WIB
Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Hutama KaryaJalan Tol Trans Sumatera (JTTS)

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah menetapkan cuti bersama mulai 28 Oktober hingga 30 Oktober 2020 dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

Cuti bersama ini dimanfaatkan oleh sebagian besar masyarakat untuk berlibur ke berbagai destinasi wisata ataupun pulang ke kampung halaman. 

Bagi Anda yang ingin berlibur dan pulang ke wilayah-wilayah di Pulau Sumatera, bisa memanfaatkan Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS).

Untuk melintasi JTTS dari ujung selatan Pulau Sumatera yakni Bakauheni di Lampung hingga Tebing Tinggi di Sumatera Utara, Anda hanya perlu mengisi saldo uang elektronik senilai Rp 378.000 sekali jalan.

Untuk kegiatan cuti bersama dan libur panjang ini, badan usaha jalan tol (BUJT) JTTS yakni PT Hutama Karya (Persero), PT Jasa Marga (Persero) Tbk dan PT Waskita Toll Road, kompak tidak memberlakukan diskon tarif.

Baca juga: Begini Perkembangan Koridor Pendukung Jalan Tol Trans-Sumatera

Sebagaimana dikatakan Sekretaris Perusahaan PT Hutama Karya (Persero) Muhammad Fauzan.

"Hingga saat ini, tidak ada program diskon tarif tol di jalan tol yang dikelola Perseroan, terutama di JTTS," kata Fauzan menjawab Kompas.com, Selasa (27/10/2020).

Namun demikian, PT Hutama Karya (Persero) telah menyiapkan pos check point (titik pengecekan) di tiga ruas JTTS, mulai Selasa (27/10/2020) hingga Minggu (1/11/2020).

Ketiga ruas tol tersebut yakni, Tol Terbanggi Besar–Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka), Tol Bakauheni–Terbanggi Besar (Bakter), serta Tol Pekanbaru–Dumai (Permai).

Kehadiran pos pengecekan ini memungkinkan pengguna jalan tol mendapatkan pengecekan suhu tubuh dan cek kesehatan secara gratis.

Pos pengecekan tersebut akan disediakan di KM 87 Jalur A dan KM 20 Jalur Tol Bakter, rest area KM 234 Jalur A dan rest area KM 215 Jalur B di Tol Terpeka.

Berikut rincian tarif tol JTTS dengan jarak terjauh untuk kendaraan Golongan I:

  • Ruas Bakauheni Selatan-Terbanggu Besar Rp 112.500
  • Ruas Terbanggi Besar-Permata Panggang-Kayu Agung Rp 170.500
  • Ruas Palembang-Indralaya Rp 20.000
  • Ruas Medan-Binjai Seksi 2 dan 3 (Marelan-Binjai) Rp 13.000
  • Ruas Belawan-Medan-Tanjung Morawa Rp 8.500
  • Ruas Tanjung Morawa-Tebing Tinggi Rp 53.500 

 

 

 

 

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X