Tol Ngawi-Kertosono Dongkrak Potensi Kabupaten Nganjuk

Kompas.com - 17/10/2020, 20:16 WIB
Toa Ngawi-Kertosono Kementerian PUPRToa Ngawi-Kertosono

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan infrastruktur dinilai telah memberikan peranan penting dalam mendorong pertumbuhan perekonomi daerah.

Ketersediaan infrastruktur yang handal akan mendorong produktivitas perekonomian daerah dan mengoptimalkan potensi lokal sehingga berdampak langsung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat.

Salah satu di antaranya adalah Jalan Tol Ngawi-Kertosono, yang memberikan kontribusi pada peningkatkan kualitas hidup masyarakat, khususnya di Kabupaten Nganjuk.

Kehadiran Jalan Tol Ruas Ngawi-Kertosono sepanjang 87 kilometer mendorong ekonomi kerakyatan dan pariwisata lokal serta memunculkan pusat pertumbuhan ekonomi baru yang berdampak pada terbukanya lapangan pekerjaan.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, manfaat dari terbangunnya Jalan Tol Trans-Jawa tidak hanya menjadi jalur penghubung transportasi antar-kota, juga mengintegrasikan kawasan-kawasan industri yang sekarang muncul di Ngawi dan Nganjuk.

Baca juga: Perpanjangan Tol Ngawi-Kertosono Sampai Kediri

Dia menambahkan, Jalan Tol Tran-Jawa akan memangkas biaya angkutan logistik dan mengurangi waktu tempuh pengiriman barang (delivery time).

"Dengan kepastian waktu tempuh, investor dapat membuat perhitungan business plan lebih matang sehingga terbuka lapangan pekerjaan di sekitar pusat perindustrian di setiap daerah,” kata Basuki seperti yang dikutip Kompas.com, Sabtu (17/10/2020).

Tol Ngawi-Kertosono selesai dibangun pada 2018 dengan lima Gerbang Tol (GT) yakni GT Ngawi KM 579, GT Madiun KM 603, GT Caruban KM 611, GT Nganjuk KM 647, dan GT Bandar KM 672.

Tol ini juga dilengkapi dengan tiga Simpang Susun (SS) yang terkoneksi dengan wilayah yang dilalui seperti SS Madiun, SS Caruban, dan SS Nganjuk.

Pada Ruas Tol Ngawi-Kertosono terdapat dua Tempat Istirahat dan Pelayanan ( TIP) atau rest area yakni TIP KM 597 (B) dan TIP KM 626 (A) yang dapat mendukung promosi produk lokal daerah yang dilalui jalan tol.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X