Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Ngawi-Kertosono Dongkrak Potensi Kabupaten Nganjuk

Kompas.com - 17/10/2020, 20:16 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan infrastruktur dinilai telah memberikan peranan penting dalam mendorong pertumbuhan perekonomi daerah.

Ketersediaan infrastruktur yang handal akan mendorong produktivitas perekonomian daerah dan mengoptimalkan potensi lokal sehingga berdampak langsung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat.

Salah satu di antaranya adalah Jalan Tol Ngawi-Kertosono, yang memberikan kontribusi pada peningkatkan kualitas hidup masyarakat, khususnya di Kabupaten Nganjuk.

Kehadiran Jalan Tol Ruas Ngawi-Kertosono sepanjang 87 kilometer mendorong ekonomi kerakyatan dan pariwisata lokal serta memunculkan pusat pertumbuhan ekonomi baru yang berdampak pada terbukanya lapangan pekerjaan.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, manfaat dari terbangunnya Jalan Tol Trans-Jawa tidak hanya menjadi jalur penghubung transportasi antar-kota, juga mengintegrasikan kawasan-kawasan industri yang sekarang muncul di Ngawi dan Nganjuk.

Baca juga: Perpanjangan Tol Ngawi-Kertosono Sampai Kediri

Dia menambahkan, Jalan Tol Tran-Jawa akan memangkas biaya angkutan logistik dan mengurangi waktu tempuh pengiriman barang (delivery time).

"Dengan kepastian waktu tempuh, investor dapat membuat perhitungan business plan lebih matang sehingga terbuka lapangan pekerjaan di sekitar pusat perindustrian di setiap daerah,” kata Basuki seperti yang dikutip Kompas.com, Sabtu (17/10/2020).

Tol Ngawi-Kertosono selesai dibangun pada 2018 dengan lima Gerbang Tol (GT) yakni GT Ngawi KM 579, GT Madiun KM 603, GT Caruban KM 611, GT Nganjuk KM 647, dan GT Bandar KM 672.

Tol ini juga dilengkapi dengan tiga Simpang Susun (SS) yang terkoneksi dengan wilayah yang dilalui seperti SS Madiun, SS Caruban, dan SS Nganjuk.

Pada Ruas Tol Ngawi-Kertosono terdapat dua Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau rest area yakni TIP KM 597 (B) dan TIP KM 626 (A) yang dapat mendukung promosi produk lokal daerah yang dilalui jalan tol.

Bendungan Semantok.Kementerian PUPR Bendungan Semantok.
Kementerian PUPR terus mendorong pengelola TIP untuk memenuhi komposisi minimal 70 persen pengusaha dengan brand dan produk lokal yang mengisi area komersial TIP.

Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri (Permen) PUPR Nomor 10/PRT/M/2018 tentang Tempat Istirahat dan Pelayanan Pada Jalan Tol yang mengatur fasilitas yang harus tersedia di TIP.

Infrastruktur lain yang juga mendorong potensi Kabupaten Nganjuk adalah pembangunan Bendungan Semantok berkapasitas tampung 32,6 juta meter kubik.

Bendungan ini dibangun untuk mendistribusikan air saat musim kemarau agar tidak terjadi kekeringan pada areal persawahan sehingga dapat meningkatkan produksi pertanian atau intensitas panen di Kabupaten Nganjuk.

Pekerjaan konstruksi Bendungan Semantok dilaksanakan sejak 2017 hingga 2022, terdiri dari dua Paket pekerjaan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com