Setiap Hari, Empat Korban Covid-19 Dimakamkan di San Diego Hills

Kompas.com - 25/09/2020, 08:00 WIB
San Diego Hills Memorial PArks and Funeral Homes Lippo KarawaciSan Diego Hills Memorial PArks and Funeral Homes

JAKARTA, KOMPAS.com - San Diego Hills Memorial Parks and Funeral Homes, Karawang, Jawa Barat, mengalami lonjakan permintaan selama kurun tiga bulan terakhir. 

Menurut Direktur Marketing dan Penjualan San Diego Hills Memorial Parks and Funeral Homes Suziany Japardi sedikitnya 4 jenazah terkait Covid-19 dimakamkan setiap hari.

"Angka ini meningkat dibanding sebelumnya," ujar Suziany kepada Kompas.com, Kamis (24/9/2020).

Meski mengalami peningkatan, Suziany memastikan, proses pemakaman tetap mengikuti protokol dan prosedur operasional standar yang ditetapkan Kementerian Kesehatan.

Karena hal inilah, PT Lippo Karawaci Tbk selaku pengelola pemakaman ini menerapkan perlakuan khusus.

Baca juga: Taman Pemakaman Muslim Al Azhar Siap Memakamkan Jenazah Korban Corona

Untuk menghindari risiko penyebaran virus Covid-19, Lippo mengharuskan konsumen untuk membeli dua unit lahan sekaligus.

"Kita tidak akan tahu, meskipun sudah meninggal, tetap risikonya ada. Kami minta keluarga klien membeli lahan khusus dengan lebar untuk kapasitas dua jenazah," jelas Suziany.

Lahan tersebut untuk sementara memang digunakan untuk penguburan satu jenazah. Namun setelah tiga tahun, lahan di sebelahnya bisa digunakan untuk keluarga lainnya.

Meski tak menyebut angka, Suziany mengatakan, harga yang dipatok untuk pemakaman khusus jenazah dengan Covid-19 ini juga sangat spesifik.

Berbeda dengan lahan pemakaman untuk orang yang meninggal bukan karena Covid-19.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X