BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Sinar Mas Land

Dinilai Praktis dan Efisien, Apartemen Sering Dipilih sebagai Solusi Hunian di Ibu Kota

Kompas.com - 27/08/2020, 11:04 WIB
Apartemen kerap dipilih sebagai solusi hunian di perkotaan karena lokasinya yang strategis. iSTOCK/JamesteohartApartemen kerap dipilih sebagai solusi hunian di perkotaan karena lokasinya yang strategis.
|

KOMPAS.com – Kehidupan perkotaan yang cenderung dinamis membuat segala sesuatunya mesti serbacepat dan efisien. Tak heran, memiliki hunian di lokasi strategis menjadi dambaan masyarakat kota karena dinilai dapat memudahkan mobilitas mereka sehari-hari.

Secara umum bentuk hunian terdiri dua, yakni landed house (rumah tapak) dan hunian vertikal, seperti apartemen. Namun, di perkotaan dengan kepadatan penduduk tinggi dan pembangunan masif, lahan untuk rumah tapak kian terbatas. Kalaupun ada, dipastikan harganya menjulang tinggi.

Khusus di Jakarta, menurut hasil riset Euromonitor yang dimuat Kompas.com, Senin (2/12/2019), dengan kepadatan penduduk 14.000 jiwa per kilometer persegi, Jakarta diprediksi akan menjadi salah satu kota terpadat di dunia pada 2030.

Dalam kondisi seperti itu, kehadiran apartemen dianggap mampu menjadi solusi atas masalah tersebut. Lagi pula, bagi kaum profesional, hidup di apartemen terbilang jauh lebih praktis dan efisien. Sebab, hunian vertikal ini umumnya dibangun di lokasi strategis, berdekatan dengan pusat bisnis, dan berbagai fasilitas umum lainnya.

Soal minat masyarakat akan apartemen sebenarnya sudah ada sejak lama. Ini terungkap dalam survei Rumah.com yang dilakukan pada 2018 lalu. Hasilnya, 63 persen responden Indonesia berniat membeli hunian dalam enam bulan ke depan. Sebanyak 60 persen di antaranya menunjukkan ketertarikan terhadap apartemen.

Head of Marketing Rumah.com Ike Ramdan mengatakan, faktor kepraktisan yang mendorong apartemen semakin diminati masyarakat.

Meski kebutuhan tempat tinggal masyarakat perkotaan sudah terjawab lewat kehadiran apartemen, jangan terburu-buru memutuskan untuk membeli hunian tersebut. Ada baiknya pertimbangkan dahulu beberapa hal berikut.

Reputasi dan rekam jejak pengembang

Keputusan membeli properti perlu strategi dan dilakukan ekstra hati-hati. Pasalnya, beberapa orang punya pengalaman kurang menyenangkan terkait sektor ini.

Sepanjang 2019 saja, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mencatat, sektor properti menduduki posisi ketiga teratas yang sering mendapatkan aduan konsumen. Adapun pengaduan tersebut mencakup pembangunan yang mangkrak, refund, dokumen, spesifikasi bangunan, dan sistem transaksi.

Guna menghindari risiko yang tidak diinginkan, ada baiknya urusan membeli apartemen dilakukan langsung dari pengembang properti ternama.

Pengembang dengan reputasi baik umumnya telah memenuhi segala aspek, mulai dari sistem manajemen yang baik, berkredibilitas, dan legal secara hukum. Pemenuhan unsur inilah yang akan memudahkan proses jual beli.

Bahkan, tak jarang pengembang ternama memberikan layanan purnajual sebagai bentuk komitmen mereka dalam melayani konsumen.

Setelah mengenali pengembang, calon pembeli masih perlu memastikan rekam jejaknya. Pengembang ternama biasanya memiliki jumlah proyek yang tak sedikit. Pastikan proyek-proyek tersebut dibangun dengan baik dan selesai tepat waktu.

Nyaman secara lokasi dan fasilitas

Memiliki hunian nyaman adalah dambaan setiap orang. Oleh karenanya, selain memperhatikan aspek pengembang, kenyamanan juga jadi faktor penting yang perlu calon pembeli perhitungkan saat membeli apartemen.

Biasanya, kenyamanan tempat tinggal menjurus pada faktor visual, seperti ukuran dan desain. Padahal, penilaiannya lebih dari itu.

Kenyamanan juga terkait dengan lokasi hunian, apalagi bila beberapa penghuni punya mobilitas berbeda. Misalnya, orangtua yang bekerja dan anak-anak yang masih sekolah.

Agar mobilitas harian berjalan dengan baik sekaligus menghemat waktu, tenaga, dan biaya, usahakan pilih apartemen yang berada di lokasi strategis. Pertimbangan ini semakin mutlak mengingat jalanan perkotaan seperti di Jakarta begitu akrab dengan kemacetan.

Selain strategis, calon pembeli juga wajib memastikan lokasi apartemen berada di lingkungan yang aman dari kriminalitas dan minim kebisingan.

Kenyamanan tinggal di apartemen juga ditentukan dari ketersediaan fasilitas penunjang yang memudahkan hidup para penghuninya. Sebut saja pusat kebugaran, kolam renang, tempat bermain anak, taman, dan ruang serbaguna.

Supaya tidak repot-repot keluar kompleks, calon pembeli perlu memastikan bahwa apartemen sudah memiliki sederet fasilitas tersebut.

Satu dari sekian banyak pilihan apartemen yang sudah memenuhi segala aspek di atas dan layak untuk dipertimbangkan adalah The Elements Kuningan Jakarta.

Kamar tidur pada unit apartemen The Elements, Kuningan, JakartaDok. Sinar Mas Land Kamar tidur pada unit apartemen The Elements, Kuningan, Jakarta

The Elements merupakan produk apartemen mewah siap huni garapan Sinar Mas Land. Dalam sektor properti dan real estat, pengembang ini sudah punya pengalaman lebih dari 40 tahun dan telah mengembangkan lebih dari 50 proyek di Indonesia.

Rekam jejak Sinar Mas Land dalam dunia properti terbilang cemerlang. Bahkan, pengembang ini berhasil menyabet sejumlah penghargaan internasional, seperti FIABCI Golden Award di Andora (2017), MIPIM di Hong Kong (2017), MIPIM Award di Perancis (2018), dan Asia Pacific Property Awards 2018 di Thailand (2018).

Kembali menyoal The Elements, karena berada di kawasan bisnis terpadu CBD Kuningan, Jakarta Selatan, apartemen ini punya keunggulan dalam hal akses. Pertama, mudah ditempuh dari segala jalur. Kedua, sudah terintegrasi dengan berbagai fasilitas umum, seperti pusat perbelanjaan dan restoran Epicentrum, dekat dengan sekolah, universitas, dan rumah sakit.

Fasilitas pendukung di apartemen yang memiliki dua tower, yakni Tower Serenity dan Tower Harmony, tersebut pun terbilang lengkap. Contohnya, gym, kolam renang, jogging track, sauna, playground indoor dan outdoor, serta ruang serbaguna yang dapat difungsikan untuk kebutuhan seperti meeting atau acara privat.

Soal desain, apartemen garapan Sinar Mas Land tersebut tak perlu lagi diragukan. Layaknya apartemen mewah pada umumnya, masing-masing unit The Elements punya desain berkelas dan material berkualitas.

Tampilan interior dapur pada unit apartemen The Elements, Kuningan, Jakarta Dok. Sinar Mas Land Tampilan interior dapur pada unit apartemen The Elements, Kuningan, Jakarta

Kesan mewah itu terlihat dari penggunaan marmer impor berpotongan lebar pada lantai dan dinding unit. Ruang makan pun sudah dilengkapi perabotan superlengkap, seperti kompor listrik, hood, multifunctional oven buatan Perancis, kabinet atas dan bawah, dan top table quartz.

Masing-masing unit di apartemen The Elements Kuningan juga dilengkapi folding balcony window dengan pemandangan landscape perkotaan. Adanya jendela lipat ini memungkinkan penghuni bisa menggunakan area balkon di segala kondisi cuaca. 

Untuk menjaga privasi, The Elements menyediakan private lift khusus untuk Tower Serenity.

Selain memenuhi aspek lokasi, kelengkapan fasilitas, dan kemewahan, The Elements Kuningan Jakarta juga masuk ke dalam daftar produk properti dari Sinar Mas land yang menggelar program Move in Quickly.

Khusus apartemen The Elements, lewat program Move in Quickly, konsumen berkesempatan mendapat potongan harga hingga 20 persen dan promo cicilan untuk unit tertentu. Pilihan unit yang mendapatkan potongan bisa dilihat pada tautan ini.

Nah, semoga penjabaran di atas dapat membantu dalam mewujudkan apartemen sebagai solusi hunian di perkotaan.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai program Move in Quickly khusus unit apartemen The Elements, silakan kunjungi www.sinarmasland.com/moveinquickly atau hubungi 021-29580088.

 


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya