Jadi Venue Piala Dunia U-20, Stadion I Wayan Dipa Direnovasi

Kompas.com - 07/08/2020, 14:44 WIB
Stadion I Wayan Dipta Dok. Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPRStadion I Wayan Dipta

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah berencana merenovasi Stadion I Wayan Dipta di Provinsi Bali.

Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danis H Sumadilaga mengatakan, renovasi dilakukan untuk memenuhi syarat standar minimum FIFA agar dapat dijadikan venue Piala Dunia U-20.

Menurut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Stadion I Wayan Dipta merupakan arena paling besar dari seluruh venue pertandingan yang ditetapkan FIFA untuk ajang Piala Dunia FIFA U-20.

Baca juga: Setahun Dibuka, Stadion Ini Jadi yang Terbaik di Dunia

"Saya ingin melihat apa yang akan perlu diperbaiki, karena kalau pertandingannya pada Mei 2021, maka Maret harus sudah selesai. Akan kita lelangkan pekerjaannya pertengahan Agustus 2020 dan langsung kita kerjakan," kata Basuki seperti dikutip Kompas.com dari laman resmi Kementerian PUPR, Jumat (7/8/2020).

Renovasi yang akan dilakukan termasuk perbaikan mayor yang mencakup pekerjaan rehabilitasi struktur, arsitektur, mechanical electrical plumbing (MEP).

Kemudian perbaikan lapangan, perbaikan pencahayaan, perbaikan kursi dan papan skor, serta penataan kawasan termasuk penataan parkir.

Selain itu, rumput stadion juga akan diganti sama seperti di Stadion GBK, drainase di pinggir lapangan akan diperbaiki termasuk lintasan lari.

"Kemudian yang di dalam untuk para pemain fasilitas pendukungnya seperti ruang ganti, toilet, semua juga harus ada standarnya seperti di GBK," ucap Basuki.

Pencahayaan stadion juga dirasa masih kurang. Sebab, ada syarat minimum dari FIFA seperti di Stadion Manahan dan kursi penonton.

Danis menambahkan, stadion akan dilengkapi dengan sistem penerangan field of play (FOP) 1.500 lux seperti di Stadion Manahan. Sementara untuk lapangan latihan cukup sekitar 800 lux.

Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X