Tol Pekanbaru-Dumai dengan Terowongan Gajah Segera Beroperasi

Kompas.com - 09/07/2020, 18:00 WIB
Gerbang Tol Pekanbaru-Dumai (Permai). Dok. Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPRGerbang Tol Pekanbaru-Dumai (Permai).

JAKARTA, KOMPAS.com - Progres pembangunan fisik Jalan Tol Pekanbaru- Dumai telah mencapai 99,07 persen dan ditargetkan dapat beroperasi penuh dalam waktu dekat.

Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah melakukan Uji Laik Fungsi (ULF).

Proses ULF tersebut dilakukan mulai dari Seksi II (Minas-Kandis Selatan) hingga Seksi VI ( Duri Utama-Dumai).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, kehadiran tol yang dirancang sepanjang 131 kilometer ini dapat mempersingkat jarak tempuh dari Pekanbaru-Dumai atau sebaliknya.

Ketika melalui jalan nasional, pengendara perlu membutuhkan jarak tempuh sepanjang 200 kilometer.

Kehadiran tol ini juga akan meningkatkan konektivitas antara Ibukota Provinsi Riau ini dengan Dumai sebagai kota pelabuhan dengan industri perminyakan dan agribisnis yang maju.

"Saya kira, truk pengangkut bahan seperti sawit bisa pindah menggunakan jalan tol dengan pertimbangan hitungan waktu. Dengan tol ini, pengguna dapat menghitung waktu perjalanan bahkan dari asal sampai ke pabrik,” ungkap Basuki dalam siaran pers, Kamis (9/7/2020).

Tol Pekanbaru–Dumai terdiri dari enam seksi yakni Seksi I Pekanbaru–Minas sepanjang 9,5 kilometer, Seksi II Minas–Petapahan sepanjang 24,1 kilometer, dan Seksi III Petapahan–Kandis Utara sepanjang 16,9 kilometer.

Lalu, Seksi IV Kandis Utara–Duri Selatan sepanjang 26,25 kilometer, Seksi V Duri Selatan–Duri Utara sepanjang 29,4 kilometer, dan Seksi VI Duri Utara–Dumai sepanjang 25,44 kilometer.

Tol ini dilengkapi dengan 10 Tempat Peristirahatan dan Pelayanan (TIP), yang terdiri dari 5 TIP arah Kota Pekanbaru dan 5 TIP arah Kota Dumai.

Baca juga: Tol Permai Bisa Dilintasi 15 Mei, Pekanbaru-Dumai Cuma 3 Jam

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X