India Bakal Bangun Stadion Kriket Terbesar Ketiga di Dunia

Kompas.com - 04/07/2020, 20:12 WIB
Ilustrasi Stadion Motera di Ahmedabad, India. theprint.comIlustrasi Stadion Motera di Ahmedabad, India.

KOMPAS.com - India akan membangun stadion kriket terbesar ketiga di dunia dengan kapasitas 75.000 penonton di pinggiran kota Jaipur.

Rajasthan Cricket Association (RCA) Secretary Mahendra Sharma mengatakan, stadion tersebut dibangun di atas lahan seluas 100 hektar.

"Jaipur akan memiliki stadion kriket terbesar ketiga yang letaknya sekitar 25 kilometer dari desa Chonp," ujar Sharma seperti dikutip dari Times of India, Sabtu (4/7/2020).

Stadion yang belum dipublikasikan namanya tersebut akan segera dimulai konstruksinya dalam waktu empat bulan ke depan.

Perlu diketahui, stadion kriket terbesar di dunia saat ini masih disandang oleh Stadion Motera di Ahmedabad dengan kapasitas 110.000 penonton dan disusul oleh Melbourne Cricket Stadium di Australia berkapasitas 102.000 penonton.

Baca juga: Qatar Pamer Stadion Baru Piala Dunia 2022

Sharma mengungkapkan, stadion di pinggiran Jaipur ini akan memakan waktu konstruksi selama dua tahun yang terdiri dalam dua tahap.

Tahap pertama, dibangun stadion utama dengan jumlah 45.000 kursi dan tahap kedua akan dibangun sebanyak 30.000 kursi.

Dengan demikian, total keseluruhan kursi di stadion kriket tersebut berjumlah 75.000 buah.

Selain itu, stadion kriket ini bakal dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas lainnya yakni, dua tempat latihan, dua restoran untuk penonton, ruang konferensi pers dengan kapasitas 250 tempat duduk.

Fasilitas lain yang tak kalah menarik di stadion tersebut adalah akademi pelatihan olahraga kriket, club house, dan parkir yang menampung 400 kendaraan.

Meski begitu, Sharma enggan mengungkapkan besaran biaya yang dibutuhkan untuk membangun stadion ini.

Namun, proposal untuk pembangunan stadion telah disetujui Komite Eksekutif RCA yang di bawah pengawasan Presiden RCA Vaibhav Gehlot.

Mereka juga menyetujui penyelenggaraan turnamen kriket domestik di Rajasthan, pembentukan komite seleksi untuk kategori senior dan junior (pria dan wanita), serta penunjukan pelatih dan staf olahraga untuk tim dari berbagai kategori.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X