Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Produk Indonesia Tembus Festival Belanja 6.18 di China

Kompas.com - 04/06/2020, 14:01 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Platform e-commerce premium B2C Alibaba, Tmall, menggelar Festival Belanja Tengah Tahun "6.18" untuk menggenjot konsumsi pasar China serta membantu merek-merek global dalam memanfaatkan tren dan perilaku baru konsumen pasca pandemi Covid-19.

Dari sekian banyak merek global, dua produk Indonesia berhasil memasuki festival belanja dunia tersebut yakni, Ellips dan Xiao Niao.

Ellips diketahui merupakan produk perawatan rambut milik Kino Indonesia. Sedangkan, Xiao Niao merupakan merek sarang burung walet.

Menurut Vice President Alibaba Group and General Manager of Tmall & Taobao Marketing Operations Liu Bo mengatakan, jumlah merek yang berpartisipasi dalam festival belanja tahunan ini meningkat dua kali lipat dibandingkan tahun lalu.

Dalam 10 jam pertama festival belanja 6.18 dimulai, total Gross Merchandise Volume (GMV) meningkat 50 persen dari periode yang sama tahun lalu.

“Konsumsi belanja daring pasca pandemi telah mengalami pemulihan sejak bulan Maret dan melambungkan angka penjualan di Taobao dan Tmall. Ini merupakan hal yang menggembirakan,” kata Liu dalam siaran pers, Rabu (3/6/2020).

Pada momen Festival Belanja Tengah Tahun 6.18, sebanyak lebih dari 25.000 merek dari 92 negara dan wilayah menawarkan lebih dari 400.000 produk baru.

Jumlah merek baru yang berpartisipasi dari Tmall Global meningkat 64 persen dari tahun ke tahun.

Bahkan, 180 merek mewah juga turut berpartisipasi pada festival tersebut atau jumlahnya meningkat hampir dua kali lipat dari 11.11 global.

Baca juga: Meski Ada Pandemi Covid-19, Pendapatan Alibaba Naik 35 Persen

Merek mewah internasional tersebut diantaranya Burberry, Montblanc, Cartier, Michael Kors, Coach, MCM, dan Theory.

Lebih dari 10.000 toko ritel juga akan mengadakan sesi live streaming untuk mempromosikan produk mereka pada Festival 6.18 ini.

Hal ini bertujuan untuk memberikan ruang bagi para produsen dalam mempromosikan produk C2M (consumer-to-manufacturer) serta mendorong banyak interaksi dengan konsumen.

Fitur live streaming ini memainkan peran penting bagi merek global tersebut saat menghadapi Pandemi Covid-19.

Pada hari pertama Taobao Live, total GMV dari transaksi yang dihasilkan melalui sesi livestreaming mencapai RMB 5,1 Miliar.

Tmall  juga akan meluncurkan fitur belanja 3D yang memungkin para calon pembeli dapat melihat bagaimana produk perabotan rumah yang diinginkan oleh mereka.

Tmall akan bekerja sama dengan lebih dari 100 penjual perabotan seperti IKEA, Kohler, KUKA, QuanU, dan Linshimuye.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com