Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/05/2020, 17:17 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemerintah Jepang telah resmi mencabut status darurat nasional virus Corona. Namun begitu, fasilitas publik belum bisa dibuka sepenuhnya.

Akibatnya, Liga Jepang yang akan dimulai dalam beberapa minggu ke depan harus dilaksanakan tanpa kehadiran penonton di stadion.

Namun, Negeri Sakura ini tak kehabisan akal untuk membangun sistem otomatisasi gedung. Termasuk membuat stadion jadi ramai seakan banyak penonton yang menyaksikan secara langsung pertandingan sepakbola.

Salah satu perusahaan terkenal, Yamaha, mengembangkan aplikasi pintar yang memungkinkan para penggemar dapat menyaksikan pertandingan tersebut secara langsung.

Tak hanya itu, aplikasi ini juga memungkinkan para penggemar dapat berteriak, mencaci, bahkan memberi dukungan kepada klub sepabola jagoan mereka secara real time.

Nantinya, audio dari penonton akan bergema melalui pengeras suara yang tersedia di stadion yang menggelar pertandingan.

Aplikasi pintar yang diberi nama Remote Cheerer ini telah diuji coba di Stadion Shizouka ECOPA untuk mengetes suara tepuk tangan, nyanyian, dan sorakan para penggemar.

Baca juga: Jepang Sediakan Hotel Gratis untuk Turis yang Tak Bisa Pulang

Audio tersebut diketahui muncul dari 58 pengeras suara di Stadion Shizouka untuk menggemakan kemeriahan di setiap kursi yang kosong.

Meski begitu, aplikasi ini belum mendukung bagaimana penonton dapat memprotes kebijakan wasit.

Dengan aplikasi tersebut, stadion yang akan melaksanakan perhelatan sepakbola akbar ini terasa dikunjungi 50.000 penonton.

"Selama pengujian sistem lapangan, saya memejamkan mata dan rasanya seperti para penggemar yang bersorak bersama saya di stadion," kata pejabat Stadion Shizouka Keisuke Matsubayashi seperti dikutip dari The Sydney Morning Herald, Rabu (27/5/2020).

Aplikasi tersebut akan terus dikembangkan oleh Yamaha agar audio yang dihasilkan oleh penonton dapat dirasakan dalam setiap pertandingan olahraga di Jepang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com