Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Persiapan Sebelum Mengecat Dinding Bata

Kompas.com - 24/05/2020, 12:50 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemilik rumah sering menggunakan bata guna mendapatkan tampilan yang unik dan berbeda, baik eksterior maupun interior.

Batu bata biasa digunakan sebagai aksen yang berguna mempercantik rumah. Tetapi, tak jarang banyak pemilik rumah yang ingin mengubah tampilan. Salah satu caranya adalah dengan mengecat dinding bata.

Namun, sebelum memutuskan untuk mengecat dinding bata, ada baiknya pertimbangkan baik-baik keputusan tersebut.

Ini karena, tampilan alami bata bisa menjadi salah satu elemen dekorasi tanpa harus dicat dengan warna khusus.

Setelah memutuskan untuk mengecatnya, tidak ada jalan untuk mundur kembali. Mengecat dinding bata juga tak hanya sekadar mengoleskan cat ke permukaan.

Salah penanganan, malah bisa membuat lapisan cat terkelupas. Untuk itu, langkah pertama sebelum mengecatkanya adalah memastikan dinding bata benar-benar kering.

Anda juga perlu memastikan bata dalam kondisi yang bbaik dan bebas dari masalah stuktural, seperti sambungan atau mortar yang rusak.

Baca juga: Ingin Rumah Anda Tampil Chic? Pasang Bata Merah Ekspos

Jangan gunakan asam pembersih ketika membersihkan bata. Gunakan air dan sabun saja. Kemudian segel semua retakan dan perbarui sambungan mortar jika diperlukan.

Selain itu, laman House Beautiful menyebutkan, jangan mengecat dinding bata baru. Tunggu hingga satu bulan sebelum dinding tersebut benar-benar siap untuk dicat.

Selain itu, gunakan alat yang tepat. Agar hasil cat merata ke seluruh bagian dinding, Anda bisa menggunakan semprotan cat.

Peralatan biasa seperti kuas atau roller bisa digunakan jika area yang akan dicat tidak luas.

Namun untuk tekstur bata yang memiliki banyak pori-pori, gunakan sikat bulu sintetis.

Setelah pekerjaan persiapan yang sangat penting selesai, Anda dapat melanjutkan dan mengecat lapisan atas dengan warna pilihan.

Untuk hasil yang maksimal, Anda dapat mengecat bata dengan pilihan warna putih maupun abu-abu.

Warna putih merupakan pilihan populer bagi mereka yang memanfaatkan tekstur bata namun ingin suasana ruangan terlihat bersih.

Salah satu keuntungan dari warna ini, selain kemampuannya untuk mencerahkan ruang, adalah mampu membantu untuk merasa rileks.

Selain putih, warna abu-abu juga bisa jadi pilihan. Warna ini merupakan alternatif jika Anda bosan dengan warna putih. Abu-abu mampu membuat tekstur bata apda dinding terlihat minimalis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com