Hankook Tire Salurkan Masker untuk Lembaga Donasi Covid-19

Kompas.com - 05/05/2020, 11:28 WIB
Hankook Tire Indonesia menyerahkan bantuan masker kepada Badan Amil Zakat Nasional Pusat (Baznas) dan Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta pada Rabu (29/4/2020). Dok. PT Hankook Tire IndonesiaHankook Tire Indonesia menyerahkan bantuan masker kepada Badan Amil Zakat Nasional Pusat (Baznas) dan Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta pada Rabu (29/4/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Produsen ban asal Korea Selatan, PT Hankook Tire, melaksanakan tanggung jawab sosial dengan membagikan masker kepada tenaga kesehatan (nakes) serta sejumlah lembaga donasi yang membutuhkan masker.

Hal tersebut dilakukan guna mencegah penyebaran pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia, khususnya Jakarta dan Cikarang.

Hankook Tire memilih kedua wilayah tersebut sebagai daerah distribusi masker karena Jakarta dan Cikarang memiliki tingkat risiko penyebaran pandemi Covid-19 yang tinggi.

“Pemenuhan akses Alat Pelindung Diri (APD) paling dasar seperti masker menjadi pilihan paling realistis yang dapat Hankook lakukan untuk mengawal para tenaga kesehatan dan masyarakat yang terdampak dari risiko virus ini," terang Presiden Direktur PT Hankook Tire Indonesia Choi Seok Ho dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (4/5/2020).

Masker tersebut akan diserahkan kepada Tim Gugus Tugas Covid-19 Dinas Kesehatan Pemerintahan Kabupaten Bekasi, Badan Amil Zakat Nasional Pusat (Baznas), Dompet Dhuafa, serta Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta.

Penyerahan bantuan tersebut dilakukan langsung oleh Assistant Manager CSR & Public Relations Hankook Tire Indonesia Ade Mahendra kepada Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 dr. Alamsyah Selasa, (28/4/2020).

Baca juga: Habitat for Humanity Indonesia dan OYO Bantu Tenaga Medis Covid-19

Ade berharap, penyerahan bantuan tersebut dapat membantu masalah kelangkaan APD yang belakangan sering terjadi.

Selain melakukan donasi, Hankook juga menerapkan aturan internal baru sebagai upaya cepat tanggap dalam mengoptimalkan kondisi kesehatan karyawan di tengah pandemi Covid-19.

Aturan ini terdiri dari pemeriksaan ketat di area luar pabrik hingga protokoler yang harus ditaati di dalam pabrik.

Dimulai dari pengurangan 50 persen kapasitas tempat duduk pada bus antar jemput karyawan yang merupakan fasilitas dari perusahaan untuk mobilisasi karyawan ke pabrik setiap harinya.

Sesampainya di area pabrik, setiap karyawan akan menjalani pemeriksaan suhu tubuh.

Karyawan yang terindikasi suhu di atas 37.8 derajat celsius, menunjukkan gejala batuk serta flu tidak diizinkan memasuki area pabrik.

Hankook juga mewajibkan seluruh karyawan menggunakan masker dan melakukan cuci tangan secara berkala atau menggunakan hand sanitizer yang tersedia di seluruh area pabrik.

Karyawan juga diimbau untuk menjaga jarak satu sama lain sejauh dua meter. Akses keluar dan masuk karyawan juga rutin disemprotkan disinfektan.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X