Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Progres Konstruksi Tol Lubuk Lingau-Bengkulu Seksi I Capai 20 Persen

Kompas.com - 24/04/2020, 12:19 WIB
Firmansyah,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

BENGKULU, KOMPAS.com - Koordinator Legal & Humas PT Hutama Karya Infrastruktur Chandra Irawan menyebutkan kemajuan konstruksi Tol Lubuk Linggau-Bengkulu Seksi I Bengkulu-Taba Penanjung mencapai 20 persen.

Pembangunan tol tidak dihentikan, meskipun di tengah Pandemi Covid-19. Chandra menegaskan konstruksi terus berjalan dengan mengikuti standar protokol pengamanan dan keselamatan yang ketat.

"Progres Tol Lubuk Linggau-Curup-Bengkulu Seksi I Bengkulu- Taba Penanjung mencapai 20 persen dengan pembebasan lahan 8 kilometer yang sudah terbuka," kata Chandra saat menyerahkan CSR BUMN PT Hutama Karya (Persero) & PT Hutama Karya Infrastruktur ke RSUD. M.Yunus dan Puskesmas Sidomulyo, Kota Bengkulu, Jumat (24/4/2020).

Baca juga: Tol Lubuk Linggau Dilengkapi Terowongan 7 Kilometer Tembus Bukit Barisan

Ruas tol ini merupakan bagian dari pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) koridor Palembang–Bengkulu yang terdiri atas ruas Tol Simpang Indralaya–Muara Enim (119 kilometer), Tol Muara Enim–Lubuk Linggau (114,5 kilometer) dan Tol Lubuk Linggau–Bengkulu (95,8 kilometer).

Ketiga ruas ini merupakan perluasan dari Tol Palembang–Sp. Indralaya sepanjang 22 kilometer yang telah beroperasi sejak 2018 silam.

Untuk Tol Lubuk Linggau–Curup–Bengkulu sendiri mencakup tiga seksi seksi yakni seksi 1 Bengkulu–Taba Penanjung (17,6 kilometer), seksi 2 Taba Penanjung–Kepahiang (23,7 kilometer) dan seksi 3 Kepahiang–Lubuk Linggau (54,5 kilometer).

Tak sekadar menjadi jalan tol biasa, hal unik dari rencana pembangunan konstruksi ruas tol Lubuk Linggau–Bengkulu ini nantinya akan dilengkapi oleh terowongan (tunnel) sepanjang 7 kilometer yang menembus bukit barisan.\

Kedalamannya maksimal 352 meter dan jembatan bentang panjang (longspan bridge) sepanjang 1,6 kilometer yang membentang di atas lembah dengan ketinggian pilar mencapai 45-90 meter.

HKI dan HK Peduli Covid-19

Sementara itu PT Hutama Karya (Persero) & PT Hutama Karya Infrastruktur memberikan bantuan pada RSUD. M.Yunus dan Puskesmas Sidomulyo, Kota Bengkulu, Jumat (24/4/2020).

Bantuan tersebut berupa Alat Pelindung Diri (APD) di RSUD.M.Yunus berupa masker N95 40 buah, masker medis 500 buah, sarung tangan medis karet 500 buah, pakaian Hazmat 5 unit, kacamata pelindung 10 unit, cuci tangan portable 2 unit, dan sepatu boot 20 unit.

Selanjutnya bantuan kesehatan ke Puskesmas Sidomulyo, Kota Bengkulu berupa 2 cuci tangan portable, 200 masker, 200 sarung tangan dan 10 liter handsanitizer.

"Mudah-mudahan ini dapat membantu tim medis," demikian Chandra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com