Patung Presiden Soekarno di Pos Lintas Batas Negara Motaain dan Wini

Kompas.com - 09/02/2020, 09:00 WIB
Patung Presiden Soekarno dipasang di dua Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di wilayah perbatasan Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Timor Leste. Sigiranus Marutho Bere/Kompas.comPatung Presiden Soekarno dipasang di dua Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di wilayah perbatasan Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Timor Leste.

ATAMBUA, KOMPAS.com - Patung Presiden Soekarno dipasang di dua Pos Lintas Batas Negara ( PLBN) di wilayah perbatasan Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Timor Leste.

Dua patung presiden pertama Indonesia itu, dipasang di PLBN Motaain Kabupaten Belu dan PLBN Wini di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU).

Pemasangan dua patung Soekarno dimulai sejak Januari 2020, setelah patung yang sama juga dipasang di PLBN Motaain di Kabupaten Malaka pada Desember 2019 lalu.

"Patung Soekarno tiba di PLBN Wini dan PLBN Motaain bersamaan pada 28 Januari 2020," kata Staf Teknik PT Nindya Karya (Persero) Tommy Putra Armada kepada Kompas.com di Atambua, Sabtu (8/2/2020).

Menurut Tommy, saat ini pihaknya sedang mengerjakan kontruksi podium atau umpakan untuk patung dan juga taman di sekitar area patung.

Baca juga: Sarana Penunjang PLBN Motamasin Selesai Juli 2020

Bentuk dan tinggi patung dirancang identik, baik yang berada di PLBN Motaain, PLBN Wini, maupun di PLBN Motamasin.

Sedangkan podium atau umpakan yang menjadi tempat patung diletakkan, berbeda bentuk antara tiga PLBN itu.

"Kalau podium yang di PLBN Motamasin itu desainnya beda, yakni di Motamasin segitiga. Kalau di PLBN Wini dan PLBN Motaain itu segi enam," tuturnya.

Di PLBN Wini, pengerjaan sudah mencapai tahap umpakan. Setelahnya akan dibangun taman kecil.

Sementara di PLBN Motaain, selain umpakan dan taman, akan dibuat juga dinding hiasan mirip labirin, dengan maksud untuk mempercantik area itu.

Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X