Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KCIC Buka 2.400 Lowongan Kerja untuk Kereta Cepat Jakarta Bandung

Kompas.com - 05/02/2020, 12:19 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) tengah mempersiapkan operasional Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) pada 2021 mendatang.

Untuk mendukung hal itu, KCIC membuka kesempatan kerja bagi 2.400 sumber daya manusia (SDM) unggul yang berminat bergabung dengan KCIC.

Direktur Human Resources PT KCIC Puspita Anggraeni mengatakan, perusahaan membuka kesempatan bagi anak bangsa hingga seluruh kuota terpenuhi.

“Yang terpilih ini akan menjadi generasi pertama yang mampu mengoperasikan sarana dan prasarana kereta cepat. Kami menunggu SDM Unggul Indonesia untuk kami persiapkan sehingga pada saatnya nanti beroperasi mereka sudah menjadi SDM terampil," tutur Puspita dalam keterangannya kepada Kompas.com, Rabu (5/2/2020).

Baca juga: Cegah Virus Corona, Pekerja Kereta Cepat Indonesia-China Di-Screening

Rekrutmen SDM dilakukan secara masif dalam beberapa gelombang untuk ditempatkan di  berbagai posisi yang terkait dengan operasional kereta cepat seperti bidang persinyalan, teknisi, hingga passenger attendant.

PT KCIC menetapkan sejumlah persyaratan, yakni SDM yang baru lulus (freshgraduate) maupun yang telah berpengalaman di bidang transportasi, terutama masinis dan personil untuk Operation Control Center (OCC) kereta cepat.

Pada gelombang pertama, ungkap Puspita, telah direkrut 30 calon karyawan dan saat ini sedang menjalani sejumlah program pelatihan untuk meningkatkan kompetensi dan kemampuan sesuai standar pengoperasian Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) membuka kesempatan kerja bagi 2.400 orang untuk bergabung mendukung operasionalsiasi Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) pada 2021.Dokumentasi KCIC PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) membuka kesempatan kerja bagi 2.400 orang untuk bergabung mendukung operasionalsiasi Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) pada 2021.
Adapun karyawan yang membutuhkan sertifikasi khusus nantinya akan mendapatkan kesempatan pendidikan hingga ke luar negeri.

Direktur Utama PT KCIC Chandra Dwiputra menambahkan, program rekruitmen untuk operasional kereta cepat diharapkan menjadi langkah awal bagi anak bangsa untuk dapat berkarir dan mengembangkan diri dalam industri moda transportasi massal modern di Indonesia.

 

"Ini merupakan kereta cepat pertama di Asia Tenggara," kata Chandra.

Bagi yang berminat, SDM dapat mengirimkan lamaran melalui surat elektronik ke recruitment@kcic.co.id.

Namun, sebelum itu pelamar dapat mencermati kualifikasi yang dibutuhkan melalu akun sosial media dan situs resmi PT KCIC.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com