Jalan Tol Serpong-Cinere Hampir Rampung

Kompas.com - 01/02/2020, 12:23 WIB
Tol Serpong-Cinere Dok. Jasa MargaTol Serpong-Cinere

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan Jalan Tol Serpong-Cinere mendekati garis akhir. Hingga 31 Januari 2020, progres konstruksi jalan bebas hambatan ini mencapai 81,12 persen. Adapun pembebasan lahannya 91,04 persen.

Direktur Utama PT CSJ Ayu Widya Kiswari mengatakan, perusahaan memperoleh kredit sindikasi dana talangan tanah sebesar Rp 950 miliar pada September 2018. 

Kemudian sisanya merupakan SHL dari total kebutuhan dana pengadaan tanah sekitar Rp 3,9 triliun. Dana tersebut digunakan untuk keperluan pengadaan tanah.

Baca juga: Stasiun Pengisian Bahan Bakar Listrik Tersedia di Tol Bali Mandara

"Sampai dengan saat ini, PT Cinere Serpong Jaya (CSJ), telah merealisasikan sekitar Rp3,1 Triliun untuk luasan lahan yang masuk dalam ROW jalan tol dan lahan-lahan yang terdampak oleh Pembangunan Jalan Tol Serpong-Cinere," kata Ayu dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com, Sabtu (1/2/2020).

Menurutnya, dalam rangka percepatan pengadaan tanah, PT CSJ dan PT Waskita Karya (Persero) selaku kontraktor pembangunan Jalan Tol Serpong-Cinere, membantu PPK dan BPN untuk melakukan koordinasi dan mengawal kelancaran pembebasan tanah dengan masyarakat dan pemilik tanah.

Dia pun optimistis pembangunan Jalan Tol Serpong-Cinere dapat diselesaikan sesuai target yang telah ditentukan.

Tol Serpong-CinereDok. Jasa Marga Tol Serpong-Cinere
Jalan Tol Serpong-Cinere memiliki total panjang 10,14 kilometer. Dari total panjang tersebut, jalan bebas hambatan ini terdiri dari dua seksi, yakni Seksi 1 Serpong-Ciputat (6,59 kiloneter) dan Seksi 2 Ciputat-Cinere (3,55 kilometer).

Adapun ruas Jalan Tol Serpong-Cinere akan melintasi wilayah Serpong (Jombang), Serua, Ciputat, Pamulang, dan Pondok Cabe/Cinere.

Jalan Tol yang termasuk bagian dari Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta atau Jakarta Outer Ring Road (JORR) II ini akan tersambung dengan Jalan Tol Serpong-Kunciran dan Jalan Tol Kunciran-Cengkareng.

Keberadaan Jalan Tol Serpong-Cinere diharapkan dapat mengurangi kepadatan lalu lintas di sejumlah wilayah penyangga Jakarta, termasuk dari dan menuju Bandara Udara Internasional Soekarno-Hatta

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X