8 dari 10 Orang di Jadebotabek Cari Rumah Dekat Jalan Tol

Kompas.com - 30/01/2020, 16:25 WIB
Perumahan dekat jalan tol. Lamudi IndonesiaPerumahan dekat jalan tol.

JAKARTA, KOMPAS.com - Mencari rumah bukan perkara gampang, namun juga tidak terlalu sulit. Hal yang kerap menjadi pertimbangan utama adalah perkara aksesibilitas.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa aksesibilitas menjadi salah satu pendorong minat seseorang untuk membeli rumah.

Kemudahan aksesibilitas tersebut, tentunya akan membantu seseorang untuk beraktivitas, seperti mempercepat perjalanan dari rumah menuju kantor, ke tempat bisnis, atau tempat aktiviats lainnya.

Survei yang dilakukan oleh Lamudi Indonesia pada Desember tahun 2019 menunjukkan, 8 dari 10 orang, mencari rumah dengan aksesibilitas dekat jalan tol.

Baca juga: Lima Tahun Lagi, Generasi Milenial Terancam Tidak Bisa Membeli Rumah

Responden yang disurvei sebanyak 100 orang dengan usia antara 25 tahun sampai 35 tahun. Rentang usia ini merupakan pencari rumah terbanyak di situs Lamudi Indonesia.

Menariknya, latar belakang mereka beragam, mulai dari karyawan swasta, aparatur sipil negara (ASN), karyawan BUMN, hingga pengusaha.

Responden yang disurvei tersebut berdomisili di kawasan Jakarta, Depok, Bogor, Tangerang, dan Bekasi (Jadebotabek).

Jalan tol, menurut mereka, sangat membantu mobilitas sehari-hari. Terutama responden yang telah memiliki kendaraan roda empat, akses jalan tol dinilai dapat mempercepat perjalanan mereka menuju lokasi yang diinginkan.

Oleh karena itu, tak mengherankan jika 80 persen responden mengaku kemudahan aksesibilitas, dekat dengan jalan tol, menjadi faktor penting untuk membeli rumah.

"Mereka rela untuk membeli rumah di luar kota Jakarta atau jauh dari tempat kerja asalkan di kawasan perumahan terintegrasi atau dekat dengan jalan tol," ujar Managing Director Lamudi Indonesia Mart Polman, kepada Kompas.com, Kamis (30/1/2020).

Tak hanya konsumen, pengembang pun menangkap peluang kehadiran jalan tol dengan membangun perumahan di sekitarnya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X