Tarif Tol Dalam Kota untuk Mobil Pribadi Naik 31 Januari

Kompas.com - 30/01/2020, 07:00 WIB
Tarif Baru Tol Dalam Kota Jakarta ruas Tol Cawang-Tanjung Priok-Pluit, dan Tol Cawang-Tomang-Pluit. Tarif baru ini berlaku mulai 31 Januari 2020. BPJTTarif Baru Tol Dalam Kota Jakarta ruas Tol Cawang-Tanjung Priok-Pluit, dan Tol Cawang-Tomang-Pluit. Tarif baru ini berlaku mulai 31 Januari 2020.

JAKARTA, KOMPAS.com -  Tarif Tol Dalam Kota Jakarta untuk kendaraan pribadi atau Golongan I pada ruas Tol Cawang-Tomang-Pluit dan Tol Cawang-Tanjung Priok-Ancol Timur-Jembatan Tiga/Pluit akan mengalami kenaikan pada 31 Januari 2020.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit memastikan hal tersebut kepada Kompas.com, Rabu (29/1/2020).

"Setelah disesuaikan dengan inflasi 6,86 persen, tarif untuk kendaraan Golongan I naik sekitar 3,43 persen," kata Danang.

Sebelumnya, tarif tol untuk kendaraan Golongan I sebesar Rp 9.500, setelah disesuaikan menjadi Rp 10.000. 

Baca juga: 31 Januari, Tarif Tol Dalam Kota Turun untuk Kendaraan Logistik

Danang menganggap, kenaikan tarif untuk kendaraan Golongan I ini lebih rendah ketimbang kenaikan pendapatan masyarakat Jakarta.

"Mengacu pada Upah Minimum Provinsi (UMP) DKI Jakarta yang naik sebesar 8,51 persen, kenaikan tarif kendaraan Golongan I lebih rendah," kata Danang.

Sementara tarif tol untuk kendaraan Golongan II menjadi Rp 15.000 dari sebelumnya Rp 11.500. 

Dia menuturkan perubahan tarif tol dalam kota ini berdasarkan Surat Keputusan Menteri PUPR Nomor 1231/KPTS/M/2019 tentang penyesuaian tarif Tol Cawang-Tomang-Pluit dan Tol Cawang-Tanjung Priok-Ancol Timur-Jembatan Tiga/Pluit tertanggal 31 Desember 2019.

Penyesuaian tarif ini juga dilakukan berdasarkan amanat UU Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan dan Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol.

Hal ini sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 43 Tahun 2013 mengenai evaluasi dan penyesuaian tarif tol yang dilakukan setiap 2 (dua) tahun sekali.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X