Pesan Jokowi kepada Basuki, Lakukan Lelang Sedini Mungkin

Kompas.com - 29/01/2020, 20:00 WIB
Presiden Joko Widodo menyaksikan penandatanganan kontrak pekerjaan kontrak paket pekerjaan di lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Rabu (29/1/2020). KOMPAS.com/ROSIANA HARYANTIPresiden Joko Widodo menyaksikan penandatanganan kontrak pekerjaan kontrak paket pekerjaan di lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Rabu (29/1/2020).

BANDUNG, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berpesan kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki HAdimuljono agar melakukan lelang sedini mungkin.

Hal ini agar proyek infrastruktur dapat langsung dikerjakan pada awal tahun 2020.

"Lelang itu lakukanlah seawal-awalnya, sedini mungkin, sehingga pada awal Januari sudah bisa langsung kerja di lapangan," kata Presiden di Bandung, Rabu (29/1/2020).

Baca juga: Jokowi Resmikan Terowongan Pengendali Banjir Bandung

Menurut Presiden, langkah tersebut pada akhirnya memberikan hasil maksimal. Di sektor konstruksi, lelang dini diperlukan agar bisa mendapatkan kualitas yang baik.

"Akhirnya kita dapatkan kualitas konstruksi yang baik, tidak kejar-kejaran pada akhir tahun," imbuh Jokowi.

Karena itu, Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga mengapresiasi langkah Kementerian PUPR yang mengadakan lelang dini. Ini artinya, institusi tersebut bisa segera melaksanakan programnya segera.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menuturkan, kementerian telah melaksanakan proses lelang dini mulai tanggal 4 November 2019 silam.

Hingga hari ini, sebanyak 3.086 paket pekerjaan dari total 7.426 paket telah terikat kontrak.

Sementara untuk tahun 2020, Kementerian PUPR menerima alokasi dana pembangunan infrastruktur senilai Rp 120 triliun.

Dari total jumlah tersebut, sebagian besar atau 98 persen akan dibelanjakan secara kontraktual.

"Saya rasa anggaran Kementerian PUPR termasuk terbesar di antara kementerian lain yaitu Rp 120 triliun. Dan itu memang digunakan untuk pembangunan infrastruktur dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote," tutur Presiden.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X