Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kabar Bangunan Pertama Rumah Sakit Corona Wuhan Dianggap HOAKS

Kompas.com - 29/01/2020, 12:35 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

Sumber BuzzFeed

KOMPAS.com - Berita tentang cepatnya progres pembangunan Rumah Sakit Khusus Pasien Corona, Huoshenshan, di Wuhan, China, memasuki babak baru.

Bukan karena rumah sakit tersebut telah selesai dibangun, dan beroperasi dalam hitungan hari, dan pekan, melainkan kabar hoaks yang menyertainya.

Disinformasi coronavirus dianggap telah menyebar secara online sejak berita tentang virus tersebut pecah.

Baca juga: Hanya 6 Hari, Target Wuhan Bangun Rumah Sakit Corona

Banyak pihak yang kemudian menyebarkan berita keliru, termasuk teori konspirasi yang tidak berdasar, video yang tidak diverifikasi, dan jumlah palsu pasien terinfeksi yang dikonfirmasi.

Bahkan, media milik Pemerintah China dan seorang pejabat pemerintah pun dianggap telah menyebarkan gambar dan berita palsu mengenai progres pembangunan rumah sakit khusus pasien corona di Wuhan, China.

Adalah Jane Lytvynenko, jurnalis BuzzFeed News yang menulis bahwa Media Pemerintah dan Pejabat Kementerian Luar Negeri China Lijian Zhao telah menyebarkan gambar dan berita tidak benar.

Mereka mengklaim gambar yang mereka sebar adalah bangunan rumah sakit yang baru saja dibangun.

Padahal, menurut Jane, gambar tersebut ternyata palsu. Gambar sebenarnya merupakan bangunan apartemen modular yang berlokasi lebih dari 600 mil jauhnya dari Wuhan, yakni di Qingdao.

"Gambar apartemen modular ini mereka ambil dari listing portal properti online," kata Jane.

Foto di luar konteks tersebut diunggah dan dibagikan pertama kali oleh akun Tweeter resmi Global Times dan People's Daily yang terverifikasi.

Tangkapan layar tweeter Lijian Zhao mengenai gambar Rumah Sakit Pasien Corona Wuhan, China.BuzzFeedNews Tangkapan layar tweeter Lijian Zhao mengenai gambar Rumah Sakit Pasien Corona Wuhan, China.
Keduanya merupakan media milik Pemerintah China. Cuitan tersebut kemudian diunggah ulang oleh Lijian Zhao yang menjabat sebagai wakil direktur jenderal departemen informasi di Kementerian Luar Negeri China.

Zhao diketahui telah menyebarkan disinformasi pada masa lalu dan dikenal karena troll anti-AS-nya.

Global Times terbukti menerbitkan sebuah artikel, dan diarsipkan dengan menggunakan Mesin Wayback Internet Archive, yang menampilkan foto tersebut.

Gambar palsu itu kemudian menyebar setelah video yang menunjukkan pembangunan dengan proses sangat cepat sebuah rumah sakit baru di Wuhan menjadi viral di seluruh jaringan media sosial.

Baca juga: VIDEO: Bagaimana Wuhan Bangun Rumah Sakit Corona Cuma 6 Hari?

Bloomberg juga melaporkan, bahwa China berencana membangun rumah sakit dalam seminggu. Rumah sakit itu kabarnya dirancang dengan kapasitas 1.500 tempat tidur.

Cuitan dari Global Times dan Zhao diklaim sebagai tampilan bangunan pertama yang sudah jadi dari Rumah Sakit Huoshenshan.

"Artikel Global Times menampilkan gambar palsu yang menghubungkan foto itu dengan platform media sosial China, Weibo," kata Jane.

Hingga berita ini diturunkan, mengutip New York Times, China telah melaporkan lebih dari 80 kematian dan hampir 4.000 terinfeksi virus corona.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BuzzFeed
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com