Tahun Ini, Pengendali Banjir Citarum Ditargetkan Rampung

Kompas.com - 29/01/2020, 07:00 WIB
Terowongan Nanjung di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pengendali banjir hulu Sungai Citarum. Rosiana Haryanti/Kompas.comTerowongan Nanjung di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pengendali banjir hulu Sungai Citarum.

BANDUNG, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menargetkan pekerjaan infrastruktur di hulu Sungai Citarum, Jawa Barat, rampung tahun 2020.

"Target saya tahun ini bisa diselesaikan pengendalian banjir Citarum hulu ini," kata Basuki usai melakukan inspeksi di Terowongan Nanjung, Kabupaten Bandung, Selasa (28/1/2020).

Adapun infrastruktur hulu Sungai Citarum tersebut adalah Terowongan Nanjung yang akan diresmikan Presiden Joko Widodo Rabu pagi ini.

Baca juga: Rabu Pagi, Presiden Resmikan Terowongan Nanjung

Pembangunan terowongan ini adalah bagian dari pembenahan Sungai Citarum, sekaligus mengendalikan banjir yang kerap terjadi di kawasan Dayeuhkolot, Baleendah, dan Bojongsoang.

Selain Terowongan Nanjung, infrastruktur lain yang diharapkan dapat mengurangi banjir adalah retarding basin atau kolam retensi Cieunteung yang berada di pinggir Sungai Citarum dan berfungsi menampung debit air.

Basuki menambahkan, air sungai akan dialirkan ke tempat tersebut, baru setelah debit air Sungai Citarum menurun, air akan kembali dialirkan sehingga bisa meminimalisasi banjir.

"Jadi bagian hulu dari Cisanti, sampai Muara Gembong di hilir, di muara Sungai Citarum," ucap Basuki.

Selain itu, ada pula kolam retensi Gedebage seluas 7,7 hektar dan floodway atau sodetan Cisangkuy diharapkan selesai pekerjaannya pada Desember 2020.

Bersamaan dengan itu, akan ada tujuh buah kolam lain yang mampu menampung air.

Kelak jika pembenahan hulu rampung, fokus berikutnya adalah mengendalikan banjir muara Sungai Citarum atau di hilir Muara Gembong dengan membangun bendungan di Sungai Cibeet.

"Ini bagian dari pengendalian banjir Sungai Citarum," uncap Basuki.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X