Cara Ampuh Hilangkan Bau Kamar Mandi

Kompas.com - 26/01/2020, 19:00 WIB
Ilustrasi kamar mandi dengan tirai terlalu panjang. ShutterstockIlustrasi kamar mandi dengan tirai terlalu panjang.

KOMPAS.com - Aroma tidak sedap yang timbul dari kamar mandi kerap dikeluhkan pemilik rumah. Hal pertama yang sebaiknya Anda lakukan adalah mengetahui asal bau di kamar mandi.

Ada beberapa faktor penyebab yakni aroma kain yang telah lama direndam, saluran air yang lama tidak dibersihkan, kloset tidak diguyur dengan sempurna, atau kotoran hewan peliharaan yang belum Anda bersihkan.

Baca juga: Tren Kamar Mandi Bernuansa Hitam, Begini 3 Cara Menerapkannya

Bersihkan kamar mandi Anda setidaknya seminggu sekali, dengan pembersihan yang lebih menyeluruh setiap satu atau dua bulan.

Jika setelah dibersihkan, bau yang timbul tidak segera hilang, Anda bisa mencoba menerapkan beberapa cara ini:

1. Baking soda

Pembersih alami seperti baking soda selain murah ternyata relatif aman untuk membersihkan ruangan dan menghilangkan bau tidak sedap.

Gunakan juga campuran dasar baking soda untuk membersihkan berbagai permukaan kamar mandi.

Cukup campurkan satu cangkir cuka dan setengah cangkir baking soda lalu gosok pada permukaan kamar mandi.

2. Kopi

Ternyata, kopi juga dapat megusir bau tak sedap. Jika WC Anda berbau tidak sedap, padahal sudah Anda mengguyurnya dengan sempurna, cobalah menuangkan ampas kopi ke dalam lubang WC dan sekitarnya. Bahan ini dapat menyerap bau yang timbul di kamar mandi.

Lalu masukkan kopi giling atau kopi bubuk pada kain, lalu gantungkan pada ruangan kamar mandi. Cara lainnya adalah dengan meletakkan bungkusan kopi pada kamar mandi atau laci.

Selain ampas, biji dan serbuk kopi juga dapat menghilangkan bau di ruangan lain. Letakkan satu mangkuk kecil kopi pada lemari es guna mecegah munculnya bau tak sedap.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Sumber The Spruce
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X