Mau Tiru Model Bisnis Grebe? Ini Lokasi yang Direkomendasikan

Kompas.com - 24/01/2020, 11:39 WIB
YouTuber Arief Muhammad dan Tiara Pangestika. Instagram/@tiarapangestikaYouTuber Arief Muhammad dan Tiara Pangestika.

JAKARTA, KOMPAS.com - Youtuber Arief Muhammad meluncurkan marketplace baru bernama Grebe. Seperti dikutip dari video yang ia unggah, bisnis ini menggabungkan model ritel daring (online) dengan luring (offline).

Menurut Arief, meski saat ini toko online menjamur, namun konsumen tetap memiliki keinginan untuk mencoba barang yang akan mereka beli. Keinginan tersebut ditangkap sebagai sebuah peluang.

Arief menuturkan, Grebe menawarkan pengalaman. Setelah pelanggan mencoba atau melihat barang yang dipamerkan, mereka dapat langsung membelinya lewat toko online.

Uniknya, Grebe memilih menyewa lokasi di Lippo Mall Puri 1, Jakarta Barat. Konsep ini pun disebut bagaikan mal di dalam mal. 

Baca juga: Grebe, Cara Baru Milenial Belanja Online Sambil Coba Barang

Penyewa yang memiliki toko online dapat memamerkan produknya. Dengan kata lain, mereka memiliki toko fisik di dalam pusat perbelanjaan, namun dengan harga yang jauh lebih murah dibanding menyewa tempat langsung dari mal tersebut.

Senior Associate Director Colliers International Indonesia Ferry Salanto mengatakan, kehadiran peritel seperti Grebe diharapkan dapat meningkatkan tingkat keterisian pusat perbelanjaan.

"Untuk semakin meningkatkan volume kedatangan pengunjung dan tentunya berbelanja, tidak hanya fisik toko, namun perlu ditambah juga dengan experience, komunitas, konsultasi dalam sebuah wadah," kata Ferry menjawab Kompas.com, Kamis (23/1/2020).

Berdasarkan data Colliers, pada tahun 2019 tingkat hunian ritel di Jakarta kurang dari 80 persen, setelah terus merosot dari sebelumnya berkisar antara 85 persen dan 83 persen. Penurunan terbesar terjadi pada kuartal II dan III.

Kemudian pada kuartal IV-2019, okupansi ruang ritel mencatatkan angka 79,8 persen atau turun 3,8 persen.

"Pasar ritel, kalau kita lihat ada beberapa outlet yang tutup, pada 2020 kemungkinan masih akan terjadi," kata Ferry.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X