Tol Pekanbaru-Dumai Bisa Dilintasi Sebelum Mudik Lebaran 2020

Kompas.com - 21/01/2020, 17:48 WIB
Ilustrasi konstruksi jalan tol. Dok. SEVP of Corporate Secretary PT Hutama Karya (Persero)Ilustrasi konstruksi jalan tol.

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur PT Hutama Karya (Persero) Bintang Perbowo memastikan, Tol Pekanbaru- Dumai dapat dilintasi masyarakat sebelum pelaksanaan mudik Lebaran 2020.

Perkembangan pembangunan ruas yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera saat ini sudah mencapai rata-rata 90 persen untuk semua seksi.

"Progres ruas Tol Pekanbaru-Dumai cukup cepat ya, proses pengadaan tanah hampir 100 persen jadi pembangunan konstruksi juga bisa cepat," kata Bintang dalam keterangan tertulisnya kepada Kompas.com, Senin, (20/1/2020).

Ruas tol ini terbagi dalam enam seksi yakni Seksi I Pekanbaru-Minas sepanjang 9,5 kilometer, Seksi II Minas-Petapahan/Kandis Selatan sepanjang 24 kilometer, dan Seksi III Petapahan-Kandis Utara sepanjang 17 kilometer.

Baca juga: Ditolak Warga, Trase Tol Padang-Sicincin Dibangun Lebih Panjang

Selanjutnya, Seksi IV Kandis-Duri Selatan sepanjang 26 kilometer, Seksi V Duri Selatan-Duri Utara sepanjang 28 kilometer, dan Seksi VI Duri Utara-Dumai sepanjang 25 kilometer.

Adapun, untuk seksi 1 sendiri yaitu Pekanbaru–Minas sempat dibuka secara fungsional pada saat momen Mudik Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru) sejak tanggal 23 Desember 2019 hingga 2 Januari 2020.

"Seksi I tersebut telah dilintasi sebanyak 40.518 kendaraan golongan I (Non Bus)," sebut Bintang.

Ruas Tol Pekanbaru-Dumai diharapkan dapat meningkatkan akses Pekanbaru sebagai pusat pemerintahan dan kegiatan ekonomi Provinsi Riau dan Dumai sebagai kota pelabuhan, dengan industri perminyakan dan agribisnis.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X