Setelah Uni Arab Emirat, Giliran Hungaria Investasi 1 Miliar Dollar AS di Ibu Kota Baru

Kompas.com - 20/01/2020, 23:10 WIB
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bersama arsitek Yori Antar Awal tengah mengunjungi Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Super Prioritas Labuan Bajo, Minggu (19/1/2020). Dokumentasi Kementerian PUPRMenteri PUPR Basuki Hadimuljono bersama arsitek Yori Antar Awal tengah mengunjungi Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Super Prioritas Labuan Bajo, Minggu (19/1/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain Uni Arab Emirat (UAE) dengan nilai komitmen investasi 22,8 miliar dollar AS atau setara Rp 310 triliun, pengembangan ibu kota negara (IKN) baru juga menarik minat Pemerintah Hungaria.

Menurut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ( PUPR) Basuki Hadimuljono, ketertarikan Hungaria tersebut disampaikan oleh Perdana Menteri Viktor Orbán.

"Mereka menyampaikan ketertarikannya ketika melakukan kunjungan kerja di Yogyakarta. Kami sepakat untuk membentuk Hungary Indonesia Investment Fund," ungkap Basuki, Minggu (19/1/2020).

Baca juga: Jokowi Sebut Investor Uni Arab Emirat Bakal Tanam Modal di Labuan Bajo

Kerja sama Hungaria-Indonesia ini, imbuh Basuki, untuk pengembangan infrastruktur jalan, penyediaan air bersih, pembangunan sanitasi, dan pengolahan sampah.

Total nilai komitmen investasi Pemerintah Hungaria di IKN adalah senilai 1 miliar dollar AS atau ekuivalen Rp 13,6 triliun.

Penandatanganan kerja sama investasi sektor PUPR antara Pemerintah Indonesia dan Hungaria tersebut akan dilakukan pada pekan ini.

"Saya sudah lapor Pak Presiden Joko Widodo, juga Pak Luhut (Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi). Signing-nya kalau beliau (Jokowi) sudah oke," ucap Basuki.

Untuk diketahui, IKN menempati dua wilayah di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Kebutuhan lahan untuk pengembangan IKN baru ini seluas 256.000 hektar. Rinciannya, kawasan inti seluas 56.000 hektar, dan untuk kawasan pemerintahnya 5.600 hektar.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X