Menurut Penelitian, Warna Ruang Kantor Pengaruhi Produktivitas

Kompas.com - 12/01/2020, 21:30 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Pernahkah Anda bekerja di kantor yang rasanya tidak benar? Pernahkah Anda merasakan suasana kantor Anda berbenturan dengan kepribadian? Atau pernahkah Anda merasa tidak produktif saat berada di kantor?

Jika hal tersebut terjadi, penyebabnya bisa jadi karena warna ruang kerja di kantor.

Baca juga: Sisi Gelap Desain Kantor Modern yang Dianggap Ramah Milenial

Melansir Forbes, penelitian menunjukkan warna tidak hanya mengubah suasana hati kita, tetapi benar-benar dapat memengaruhi tingkat produktivitas.

Hal ini dikatakan oleh Lasse Karvinen, kepala produk di Framery, sebuah perusahaan Finlandia yang merancang dan membuat "pod" kerja untuk kantor ruang dengan konsep terbuka.

“Inilah mengapa pengusaha menjadi lebih penuh perhatian, bukan hanya desain tempat kerja secara keseluruhan, tetapi secara khusus cara ruang dilengkapi untuk mendukung efisiensi karyawan serta kebahagiaan,” ujar Karvinen.

Menurut Ben Hamley dari JLL Asia Pacific, otak manusia terhubung untuk memproses cahaya sebagai indikator waktu, dan sebagai barometer untuk mengetahui seberapa fokus atau santai kita.

Dia memprediksi, tempat, desain, warna dan pencahayaan adalah faktor penting dalam menciptakan tempat kerja di masa depan.

"Orang-orang cenderung percaya bahwa merah dan oranye adalah warna yang lebih merangsang, memprovokasi kondisi emosional yang kuat, sementara mereka percaya biru dan hijau lebih santai," katanya.

Meski biru dianggap sebagai warna yang lebih santai, tetapi cahaya yang dipantulkan warna biru sebenarnya lebih baik dalam membuat orang merasa lebih berenergi, atau setidaknya kurang mengantuk.

Hal ini terjadi karena warna biru menekan produksi melatonin alami tubuh, hormon yang membantu mengatur ritme sirkadian manusia atau bisa dikatakan pola yang menentukan kapan kita secara alami bangun dan tidur.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber Forbes
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X