Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menurut Penelitian, Warna Ruang Kantor Pengaruhi Produktivitas

Kompas.com - 12/01/2020, 21:30 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber Forbes

KOMPAS.com - Pernahkah Anda bekerja di kantor yang rasanya tidak benar? Pernahkah Anda merasakan suasana kantor Anda berbenturan dengan kepribadian? Atau pernahkah Anda merasa tidak produktif saat berada di kantor?

Jika hal tersebut terjadi, penyebabnya bisa jadi karena warna ruang kerja di kantor.

Baca juga: Sisi Gelap Desain Kantor Modern yang Dianggap Ramah Milenial

Melansir Forbes, penelitian menunjukkan warna tidak hanya mengubah suasana hati kita, tetapi benar-benar dapat memengaruhi tingkat produktivitas.

Hal ini dikatakan oleh Lasse Karvinen, kepala produk di Framery, sebuah perusahaan Finlandia yang merancang dan membuat "pod" kerja untuk kantor ruang dengan konsep terbuka.

“Inilah mengapa pengusaha menjadi lebih penuh perhatian, bukan hanya desain tempat kerja secara keseluruhan, tetapi secara khusus cara ruang dilengkapi untuk mendukung efisiensi karyawan serta kebahagiaan,” ujar Karvinen.

Menurut Ben Hamley dari JLL Asia Pacific, otak manusia terhubung untuk memproses cahaya sebagai indikator waktu, dan sebagai barometer untuk mengetahui seberapa fokus atau santai kita.

Dia memprediksi, tempat, desain, warna dan pencahayaan adalah faktor penting dalam menciptakan tempat kerja di masa depan.

"Orang-orang cenderung percaya bahwa merah dan oranye adalah warna yang lebih merangsang, memprovokasi kondisi emosional yang kuat, sementara mereka percaya biru dan hijau lebih santai," katanya.

Meski biru dianggap sebagai warna yang lebih santai, tetapi cahaya yang dipantulkan warna biru sebenarnya lebih baik dalam membuat orang merasa lebih berenergi, atau setidaknya kurang mengantuk.

Hal ini terjadi karena warna biru menekan produksi melatonin alami tubuh, hormon yang membantu mengatur ritme sirkadian manusia atau bisa dikatakan pola yang menentukan kapan kita secara alami bangun dan tidur.

Selain biru, warna hijau juga dapat meningkatkan produktivitas di ruang kerja. Karvinen mengatakan, warna hijau sangat populer untuk diterapkan di ruang kerja pada tahun lalu.

Baru-baru ini, pendekatan ke tempat kerja telah bergeser. Pengusaha lebih memilih untuk membuat kantor lebih tenang dan lebih menyenangkan.

Mereka sekarang mengundang tempat-tempat yang dalam beberapa kasus secara khusus selaras dengan pencitraan merek.

"Setahu saya, hijau dikatakan menciptakan tingkat kewaspadaan dan sering dimasukkan ke dalam ruang perawatan kesehatan karena alasan ini," ujar Karvinen.

Meski warna-warna itu dianggap dapat memengaruhi produktivitas, namun warna netral seperti krem dan abu-abu muda diperkirakan akan terus eksis di tempat kerja modern.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Forbes
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com