Perabot Berkarat? Jangan Khawatir, Bersihkan dengan Cara Ini

Kompas.com - 12/01/2020, 18:54 WIB
Ilustrasi ruangan lembab Ilustrasi ruangan lembab

KOMPAS.com - Perabot berkarat menjadi momok menakutkan bagi pemilik rumah. Betapa tidak, karat yang menempel pada furnitur susah dihilangkan.

Apalagi pasca banjir yang melanda pada awal tahun baru kemarin, perabot berbahan metal berpotensi terkena karat.

Tak hanya air, kelembaban udara, zat besi, dan oksigen juga sudah cukup menyebabkan karat muncul.

Untuk itu, jika furnitur di rumah Anda terkena karat, berikut cara menghilangkannya seperti dilansir dari Apartment Therapy:

1. Gunakan baking soda

Bahan satu ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Selain digunakan dalampembuatan roti, baking soda juga berguna untuk membersihkan berbagai macam benda.

Khusus untuk menghilangkan karat, Anda bisa membilas perabot dengan baking soda lalu tutup seluruh area yang dibilasi.

Zat ini bersifat basa, sehingga ketika dicampur dengan asam akan menciptakan karbondioksida. Nah, zat yang tercipta inilah yang berguna untuk membersihkan karat.

Baca juga: Perabot Unik Ini Dibuat dari Limbah Beton

Tinggalkan furnitur selama kurang lebih satu jam lalu gunakan serat wol baja atau sikat logam untuk menyingkirkan karat.

Setelah itu, Anda bisa membilas dan mengeringkannya. Bahan ini dapat digunakan untuk membersihkan perabot atau benda yang telah berkarat parah.

2. Gunakan Cuka

Anda bisa merendam perabot ke dalam cairan berisi cuka putih dan diamkan semalaman. Tetapi jika perabot Anda terlalu besar, gunakan kain yang telah direndam dalam cuka dan tempelkan pada bagian yang berkarat.

Setelah itu gosok dengan sikat wol atau baja. Bahan ini sangat baik dalam memecah karat dan membuat perabot logam lebih berkilau.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X