Pencakar Langit Paling "Langsing" di Dunia Segera Rampung

Kompas.com - 12/01/2020, 17:49 WIB
111 West 57th Street 111 West 57th Street 111 West 57th Street

KOMPAS.com - Gedung Empire State, Gedung Art Deco Chrysler, atau One World Trade Center merupakan bangunan terkenal yang berada di pusat Kota New York. Kota ini merupakan rumah bagi gedung-gedung pencakar langit ikonik di dunia.

Selain gedung-gedung tersebut, wilayah ini bakal menambab bangunan ikonik lainnya, yakni 111 West 57th Street.

Baca juga: Desain Rumah Minimalis Mewah Super Sleek Karya Hadivincent

Pembangunan 111 West 57th Street atau juga dikenal sebagai Menara Steinway hampir rampung.

Gedung yang berada di Manhattan, New York, ini disebut sebagai bangunan paling langsing di dunia. Betapa tidak, tinggi bangunan mencapai 24 kali dari lebarnya.

"Sebuah menara bisa sangat tinggi, tetapi tidak ramping, dan (menara) itu bisa menjadi ramping namun tidak tinggi," sebut laman New York's Skyscraper Museum.

111 West 57th Street terletak di ujung selatan Central Park di daerah yang dikenal sebagai Billionaires 'Row. Area ini merupakan rumah bagi beberapa proyek real estat paling mahal.

Menara Steinway dibangun setinggi 433 meter dengan 91 lantai. Uniknya, setiap lantai hanya terdiri dari satu hunian. Setiap unitnya dipatok 238 juta dollar AS atau sekitar Rp 3,2 triliun.

Gedung yang diperkirakan rampung pada tahun 2020 tersebut dikembangkan oleh JDS Development Group, Property Markets Group, dan Spruce Capital Partners, serta dirancang oleh SHoP Architects.

111 West 57th Street berada di atas Steinway Hall yang bersejarah, yang dibangun oleh perusahaan piano Steinway & Sons dan dibuka pada tahun 1925.

Sembari membangun gedung, pengembang juga melakukan restorasi terhadap eksterior dan interior gedung bersejarah tersebut.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X