Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadwal Survei Lapangan Pemenang Sayembara Desain IKN Mundur

Kompas.com - 10/01/2020, 21:58 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan rencana membawa para pemenang gagasan desain Kawasan Ibu Kota Negara (IKN) ke Sepaku, Kalimantan Timur, gagal dilaksanakan.

Basuki beralasan telah memiliki agenda acara sebelumnya di Bandung, Jawa Barat. Tadinya, rencana untuk membawa para pemenang sayembara gagasan desain kawasan IKN akan dilaksanakan pada 15 Januari mendatang.

"Harusnya tanggal 15 (Januari) besok, tapi saya minta dimundurkan karena saya ada acara di Bandung," terang Basuki, di Kementerian PUPR, Jakarta, Jumat, (18/1/2020).

Namun, Basuki tak menjelaskan jadwal baru membawa para pemenang survei ke lapangan. 

Untuk diketahui, juara pertama sayembara gagasan desain Kawasan IKN adalah Nagara Rimba Nusa.

Baca juga: Nagara Rimba Nusa, Juara Pertama Sayembara Gagasan Desain IKN

Nagara Rimba Nusa diusung oleh tim Urban+ yang dimotori Sibarani Sofian.

Karya desain ini ditetapkan sebagai pemenang pertama sayembara gagasan desain kawasan IKN mengalahkan empat finalis lainnya, yakni The Infinite City, Kota Seribu Galur, Zamrud Khatulistiwa, dan Banua Rakyat Nusantara.

Basuki mengatakan, Nagara Rimba Nusa menjadi pemenang sayembara desain IKN karena memenuhi tiga kriteria, identitas bangsa untuk kemajuan peradaban negara Indonesia, keberlanjutan kota yang ramah lingkungan atau environmental friendly, baik dari sosial ekonomi, dan kebencanaan.

Terakhir, kota harus dirancang dengan desain yang menekankan pada kecerdasan, modern, dan memenuhi standar internasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com