Gandeng Kementerian PUPR, Astra Siapkan Pencegahan Banjir Tol Cipali

Kompas.com - 10/01/2020, 14:54 WIB
Jalan Tol Cipali KM 136 yang menjadi lokasi banjir. IstimewaJalan Tol Cipali KM 136 yang menjadi lokasi banjir.

JAKARTA, KOMPAS.com - Astra Tol Cikopo-Palimanan berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), siapkan langkah pencegahan terulangnya banjir di Tol Cikopo-Palimanan ( Cipali).

Koordinasi juga dilakukan dengan Pemerintah Kabupaten Indramayu dan sejumlah instansi terkait.

Salah satu langkah pencegahan terulangnya banjir di Tol Cipali adalah dengan penanaman pohon Trembesi dan Mahoni di kiri dan kanan jalan, mulai KM 122 hingga KM 142 sepanjang 20 kilometer dengan luas 40 hektar.

Tidak hanya di sekitar wilayah ruas Tol Cipali, secara bertahap penanaman pohon juga dilakukan dari hulu sampai hilir sungai Cilalanang sebagai antisipasi penyerapan curah hujan.

Baca juga: Tol Cipali Terendam Banjir 1 Jam, Pengelola Minta Maaf

General Manager Astra Tol Cikopo-Palimanan Suyitno menjelaskan pohon pelindung Trembesi dan Mahoni merupakan tumbuhan yang memiliki daya serap CO2 serta mampu mengembalikan fungsi dari lahan tersebut.

""Saat musim kemarau, pohon-pohon ini mampu menyerap debu, dan air saat musim penghujan," kata Suyitno dalam keterangan tertulis, Jumat (10/1/2020).

Selain itu, lanjut dia, perusahaan juga telah melakukan beberapa upaya penanggulangan banjir melalui pengangkatan sedimentasi yang berada pada sungai Cilalanang.

Suyitno mengharapkan, dengan cara ini sungai dapat menampung debit air lebih banyak dari intensitas curah hujan yang tinggi sehingga tidak terjadi luapan ke ruas jalan Tol Cipali.

Guna mendukung upaya penanggulangan banjir, Astra Tol Cikopo-Palimanan juga  telah memasang CCTV untuk memonitor wilayah tersebut sehingga dapat segera diambil tindakan antisipatif.

Saat ini juga sedang dilakukan pembuatan tanggul sepanjang 200 meter di area paling rendah dan secara berkala dilakukan pembersihan dan perawatan drainase.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X