Padat dan Berisik, Masalah Desain Ruang Kerja Modern

Kompas.com - 09/01/2020, 15:00 WIB
Kantor Jadi Padat dan Berisik, Masalah Tata Desain Ruang Kerja Modern blog.nuclino.comKantor Jadi Padat dan Berisik, Masalah Tata Desain Ruang Kerja Modern

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain dinilai memberikan kegaduhan di dalam suatu ruangan sehingga konsentrasi terpecah, desain ruang kantor modern juga dianggap salah karena karyawan seakan-akan bekerja seperti robot.

Hal tersebut telah dibuktikan oleh peneliti Université Catholique de Louvain Belgia yang menyigi lebih dari 500 pekerja "kerah-putih" di perusahaan asuransi, bahan bangunan, dan pertambangan.

Mereka menemukan orang-orang yang bekerja di open-plan offices dengan meja bersama setuju dengan pernyataan "kantor di mana saya bernaung memperlakukan saya seolah-olah saya adalah robot".

Pengembang properti dan arsitek mengatakan desain penataan ruang kerja yang buruk yang paling harus disalahkan.

Pengembang Stuart Lipton membandingkan ruang kantor yang dipenuhi meja, bilik, atau kantor kecil yang padat diibaratkan sebagai "kumpulan peternakan ayam yang diisi baterai".

"Kurangnya kesadaran kemanusiaan, meja dikemas dengan ketat, padahal karyawan membutuhkan ruang kerja tambahan untuk mengimbangi ruang kerja. Karyawan harus bebas (dalam bekerja)," terang Stuart.

Baca juga: Sisi Gelap Desain Kantor Modern yang Dianggap Ramah Milenial

Kepadatan karyawan dalam suatu ruang kantor modern juga tampaknya menjadi salah satu kesalahan tata ruang dari arsitek yang mendesain.

Chief Executive of Workplace Leesman Tim Oldman mengatakan semakin banyak faktor yang mengkhawatirkan yang terjadi di kantor modern.

Hal ini karena banyak perusahaan berpikir tentang peningkatan produktivitas bekerja namun kenyataannya para pekerja diberi ruang yang lebih sedikit.

Sementara kepadatan kantor meningkat, ruang kerja per orang di Amerika Serikat menyusut sebanyak 8,3 persen atau sekitar 18 meter persegi per tahun 2009 dan 2018.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X