Bangun Islamic Center, Bupati Gresik Sebut Pemerataan Pembangunan

Kompas.com - 03/01/2020, 21:44 WIB

GRESIK, KOMPAS.com - Terhitung sejak September 2019, Pemerintah Kabupaten Gresik mulai membangun Islamic Center di Kecamatan Balongpanggang.

Proyek dengan anggaran Rp 64 miliar itu, diklaim bukan sekadar untuk pusat kegiataan keagamaan.

Menurut rencana, Islamic Center dibangun sebanyak tiga menara di atas lahan seluas 5.700 meter persegi.

Bupati Gresik Sambari Halim Radianto mengatakan, kehadiran Islamic Center ini merupakan wujud dari pemerataan pembangunan di wilayah Gresik.

"Ini akan menjadi persembahan di penghujung masa kepemimpinan saya dengan Pak Qosim (Wakil Bupati) untuk warga Gresik, terutama mereka yang tinggal di selatan," ujar Sambari, Jumat (2/1/2020).

Baca juga: 3.200 Masyarakat di Gresik Terima Sertifikat Tanah

Hal ini menyusul pembangunan di pusat kota, dan wilayah utara, agar seluruh masyarakat Gresik merasakan manfaatnya.

Peletakan batu pertama sudah dilakukan Bupati beserta jajaran Forkopimda pada 9 September 2019 lalu, dan progres konstruksinya sudah mencapai tutup atap untuk dua menara pertama.

Pembangunan Islamic Center ditargetkan dalam dua tahun anggaran sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Rinciannya, anggaran tahun 2019 senilai Rp 20 miliar dan tahun 2020 sebesar Rp 44 miliar.

"Jadi di sini nanti lengkap, selain bangunan masjid, juga ada tempat untuk manasik haji, dan terpenting adalah tempat untuk mewadahi UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) masyarakat sekitar," kata Sambari.

Selain untuk kegiatan keagamaan, Islamic Center ini dilengkapi Masjid Akbar, gedung serbaguna seluas 1.900 meter persegi, serta gedung kajian Islam seluas 1.900 meter persegi,  dan rest area.

Adapun kontraktor pelaksana Islamic Center adalah PT Cipta Perkasa Prima dengan supervisi Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Gresik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.