Pembebasan Tarif Dua Ruas Tol Dalam Kota Diperpanjang

Kompas.com - 02/01/2020, 16:44 WIB
Ilustrasi tarif tol dalam kota KOMPAS.com/StanlyIlustrasi tarif tol dalam kota

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembebasan tarif dua ruas tol dalam kota diperpanjang. Kedua ruas tol tersebut yakni  Jalan Tol Cawang-Grogol-Tomang dan Jalan Tol Cawang-Tanjung Priok–Ancol Timur–Jembatan Tiga–Pluit.

Baca juga: Dua Ruas Tol Dalam Kota Gratis hingga Kamis Pukul 12.00 WIB

Corporate Communication Department Head Jasa Marga Faiza Riani mengatakan hal itu kepada Kompas.com, Kamis (2/1/2020).

"Ya, diperpanjang," ujar Faiza.

Sebelumnya diketahui bahwa pembebasan tarif tol tersebut berlaku sejak Rabu, (1/1/2020) pukul 18.00 WIB dan direncanakan berakhir pada Kamis (2/2/2020) ini pukul 12.00 WIB.

Penggratisan tarif dilakukan atas kebijakan Pemerintah sebagai bentuk kompensasi kepada masyarakat karena genangan yang terjadi di kedua ruas tol dalam kota tersebut.

Sebagai informasi, ruas Jalan Tol Cawang-Grogol-Tomang dikelola oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk dan ruas Jalan Tol Cawang-Tanjung Priok–Ancol Timur–Jembatan Tiga-Pluit dikelola oleh PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk.

Sementara itu, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit mengimbau pengguna jalan tol untuk mencari rute alternatif lain.

"Selama masih ada alternatif, silakan mencari rute lain," kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit kepada Kompas.com, Rabu (1/1/2019).

Danang menuturkan, sejumlah ruas tol di Jadebotabek terendam banjir karena beberapa hal. Ada yang masih dalam pekerjaan konstruksi, dan ada pula yang disebabkan limpahan air di sekitar jalan tol.

Untuk itu, guna mengantisipasi potensi genangan air pada masa-masa mendatang akibat tingginya intensitas curah hujan, BPJT akan menggelar pertemuan dengan Asosiasi Tol Indonesia (ATI) dan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

"Jumat ini akan ada pertemuan dengan ATI untuk mengantisipasi curah hujan tinggi bersama dengan BMKG," ungkap Danang.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X