Kompas.com - 01/01/2020, 20:37 WIB
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau lokasi terdampak banjir di Jakarta, Rabu (1/1/2020). Dokumentasi Kementerian PUPRMenteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau lokasi terdampak banjir di Jakarta, Rabu (1/1/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan percepatan pelaksanaan Program Pengendalian Banjir Sungai Ciliwung.

Hal ini menyusul fakta yang dia dapati ketika melakukan tinjauan menggunakan helikopter pada Rabu (1/1/2020) pukul 15.00-16.30 WIB.

Menurut Basuki, dari pengamatan aerial, daerah aliran sungai yang sudah ditangani melalui normalisasi sepanjang 16 kilometer dari rencana keseluruhan 33 kilometer relatif aman dari banjir.

Sebaliknya di area sekitar sungai yang belum dilakukan normalisasi dalam kondisi tergenang banjir, seperti di Bidara Cina.

Baca juga: Jakarta Banjir, Pemerintah Gratiskan Tol Dalam Kota

Demikian halnya di Sungai Cipinang yang belum dinormalisasi, area sekitar juga tergenang banjir.

"Kami telah menyiapkan sejumlah program yang akan dan sedang dijalankan di sejumlah daerah terdampak terparah di DKI Jakarta," kata Basuki.

Daerah terdampak terparah tersebut berada di 4 Daerah Aliran Sungai (DAS) Sungai Krukut, Sungai Ciliwung, Sungai Cakung, dan Sungai Sunter.

Untuk penanganan darurat bersama pihak terkait, telah difungsikan pompa, karung pasir, bronjong dan tanki air agar kawasan dan prasarana publik terdampak dapat segera berfungsi kembali.

Kemudian dilakukan optimalisasi pembangunan prasarana pengendalian banjir, yang sejak tahun 2017 sempat terhenti karena terganjal pembebasan lahan.

Di hulu Sungai Ciliwung, tengah dilaksanakan pembangunan Bendungan Ciawi dan Bendungan Sukamahi dengan progres pembebasan tanah di atas 90 persen dan progres fisik saat ini mendekati 45 persen.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.