Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akses Tol Arah Bandara Soekarno-Hatta dan Semanggi Ditutup

Kompas.com - 01/01/2020, 18:10 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banjir yang melanda ibu kota Jakarta membuat sejumlah ruas tol di wilayah ini lumpuh. Beberapa titik terpaksa ditutup untuk umum.

Melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (1/1/2020), Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk  Dwimawan Heru Santoso mengatakan, hingga saat ini sejumlah titik di jalan tol masih ditutup.

Bahkan akses menuju ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta maupun ke arah Semanggi saat ini belum dapat dilalui.

Baca juga: Banjir, Sejumlah Gerbang Tol Ditutup Sementara

Pasalnya, Jalan Tol Dalam Kota KM 14 kini ditutup, sementara lalu lintas kendaraan dialihkan melewati Jalan Tol Wiyoto Wiyono (Tanjung Priok).

Selain itu, beberapa lokasi lain di Tol Dalam Kota juga mengalami penutupan. Genangan air ditemukan di Simpang Susun Cawang tepatnya di terowongan Cawang ke arah Jalan Tol Jagorawi. Hal ini membuat kendaraan dari arah Cawang dialihkan menuju ke Tanjung Priok.

Kemudian, genangan air lain terpantau di terowongan Cawang menuju arah Tol Wiyoto Wiyono (Tanjung Priok). Akibatnya, lalu lintas dari arah Bekasi ke Tanjung Priok dialihkan ke Jalan Tol Dalam Kota.

Banjir juga membuat pengelola membuka Gerbang Tol (GT) Tanjung Duren. 

"Saat ini Gerbang Tol (GT) Tanjung Duren dibuka, seluruh gardu beroperasi penuh," ujar Heru. 

Tak hanya melanda Tol Dalam Kota, genangan air juga ditemukan di Tol Jagorawi

Genangan air di jalan bebas hambatan ini sebelumnya terjadi di KM 03 baik dari arah Bogor maupun Jakarta. Namun kini, genangan air telah surut. Kendaraan juga dapat melalui empat lajur tol Jagorawi.

Demikian halnya dengan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) Non S tepatnya di GT Cikunir 4 arah Bintara telah dibuka. Sedangkan arah Jatiasih masih ditutup.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com