Titik Banjir di Sejumlah Ruas Tol Jadebotabek

Kompas.com - 01/01/2020, 15:21 WIB
Ilustrasi banjir TOTO SIHONOIlustrasi banjir

JAKARTA, KOMPAS.com - Banjir yang melanda wilayah Jakarta dan sekitarnya juga berimbas pada operasionalisasi jalan tol.

Curah hujan dengan intensitas tinggi membuat beberapa titik di ruas jalab tol tergenang air, berikut daftarnya:

1. Tol Jakarta-Cikampek

Sebanyak dua titik ruas Tol Jakarta-Cikampek masih terendam banjir.

Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk Dwimawan Heru melalui keterangan tertulis kepada Kompas.com, Rabu (1/1/2020) mengatakan

Lokasi banjir tersebut ada karena imbas dari luapan air di sekitar kawasan luar jalan tol yang saat ini juga tergenang air.

Baca juga: Banjir, Sejumlah Gerbang Tol Ditutup Sementara

"Jasa Marga mengimbau pengguna jalan untuk mengantisipasi pola perjalanan hari ini. Jasa Marga memohon maaf atas ketidaknyamanan pengguna jalan akibat hal ini," ucap Dwimawan.

Sebelumnya, banjir juga terjadi di beberapa titik jalan tol. Tetap dengan semakin surutnya air, titik banjir telah berkurang, dan hanya menyisakan tiga lokasi saja, antara lain:

  • KM 24 B (Cibitung) arah Jakarta, kendaraan dikeluarkan ke akses Cibitung.
  • KM 19 A (Tambun) arah Cikampek, kendaraan dikeluarkan ke Bekasi Timur, 1 lajur dapat dilintasi hanya untuk kendaraan besar (non golongan 1).

2. Tol Jakarta-Tangerang

KM 04+000 arah Jakarta, genangan 10-20 sentimeter yang merupakan imbas luapan Sungai Pesanggrahan pada lajur 2 dan 3. Sementara lajur 1 masih dapat dilalui.

3. Tol Dalam Kota

Banjir terjadi di sejumlah titik, antara lain

  • KM 14+400 arah Bandara Soekarno-Hatta, genangan 20 cm di lajur 3 dan 2 (lajur 1 masih dapat dilintasi). Adapun lalu lintas dialihkan ke arah Tangerang. Kendaraan yang terlanjur berada di lokasi dikeluarkan di akses keluar Slipi Jaya.
  • KM 14+600 arah Semanggi, genangan 10-20 cm di lajur 1 dan 2 (lajur 3 masih dapat dilintasi), lalu lintas dialihkan melewati Tanjung Priok.
  • KM 01+000 - Simpang Susun Cawang. Genangan terjadi di lajur 1 dan di terowongan Cawang arah Jagorawi. Akibatnya, kendaraan dialihkan ke Tanjung Priok. Sementar pengemudi yang berasal dari arah Halim menuju ke Tanjung Priok dialihkan ke Tol Dalam Kota.

4. Jalan Tol Jagorawi

Genangan terjadi di KM 03+000 arah Bogor, tepatnya di lajur 1 dan 2. Sedangkan lajur 3 dan 4 dapat dilalui.

5. Jalan Tol Pondok Aren-Ulujami

Genangan terpantau ada di GT Cikunir 4 arah Jatiasih/Bintara, ditutup, genangan 50 cm (imbas luapan Sungai Cakung) lalulintas dialihkan ke GT Bekasi Barat.

Baca juga: Tol Cipali Terendam Banjir 1 Jam, Pengelola Minta Maaf

Marketing and Communication Department Head Jasa Marga Irra Susiyanti menuturkan, melakukan pengaturan lalulintas di sekitar lokasi genangan.

"Saat ini petugas Jasa Marga Regional JabodetabekJabar tengah menyiagakan pompa-pompa di lokasi genangan untuk mempercepat penyedotan air genangan, memasang rambu-rambu, serta penempatan petugas sebelum lokasi genangan air," kata Irra.

Selain itu, untuk mengurangi dampak banjir, beberapa Gerbang Tol (GT) juga turut ditutup sementara, yaitu:

  • GT Cawang, GT Tebet 1, Kuningan 1, GT Senayan, dan GT Slipi 1, Jalan Tol Dalam Kota arah Grogol
  • GT Jelambar 2, GT Angke 2, dan GT Tanjung Duren, Jalan Tol Dalam Kota arah Cawang
  • GT Cikunir 4 Jalan Tol JORR arah Tanjung Priok

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X