Perhatikan 5 Pertanyaan Ini Sebelum Merancang Ruang Kerja di Rumah

Kompas.com - 01/01/2020, 09:00 WIB
Ilustrasi pekerja freelance yang bekerja dari rumah. SHUTTERSTOCKIlustrasi pekerja freelance yang bekerja dari rumah.

KOMPAS.com - Bekerja di rumah kini menjadi salah satu pilihan di tengah kemudahan teknologi.

Para pekerja saat ini tidak harus bertatap muka langsung dengan para kolega. Tentu saja, tidak semua jenis pekerjaan bisa dilakukan di rumah.

Bekerja dari rumah bisa lebih efektif jika didukung dengan keberadaan ruangan khusus. Ruangan ini selain berfungsi menunjang aktivitas, juga bisa menjadi sumber inspirasi.

Baca juga: 4 Prioritas Sebelum Mendesain Ruang Kerja di Rumah

Untuk itulah kini, banyak orang yang ramai mendesain ruangan khusus untuk bekerja. Tetapi kebutuhan akan ruang kerja tak hanya tentang persoalan desain saja, namun juga fungsinya.

Dengan demikian, sebelum mendesain ruang kerja pribadi di rumah, ada baiknya menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut terlebih dahulu, seperti dilansir dari laman Enterpreneur:

1. Jenis pekerjaan apa yang perlu dilakukan?

Apakah Anda merupakan seorang seniman yang membutuhkan ruang yang cukup besar, atau Anda seorang desainer grafis yang hanya memerlukan ruangan cukup untuk beberapa peralatan saja?

Setiap jenis pekerjaan tentu memiliki kebutuhan yang berbeda. Mengenali tipe pekerjaan menjadi hal yang paing penting sebelum memutuskan untuk membuat ruang kerja sendiri di rumah.

Ini karena Anda harus menyiapkan beberapa benda yang sesuai dengan jenis pekerjaan, seperti tempat penyimpanan ekstra, meja kerja dengan monitor layar lebar, atau meja dengan mesin printer berbagai ukuran.

Langkah selanjutnya adalah mengatur ruang Anda. Di mana Anda akan meletakkan kantor Anda? Tidak perlu besar atau ekspansif, tetapi harus terpisah dari area lain.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X