Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perhatikan 5 Pertanyaan Ini Sebelum Merancang Ruang Kerja di Rumah

Kompas.com - 01/01/2020, 09:00 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bekerja di rumah kini menjadi salah satu pilihan di tengah kemudahan teknologi.

Para pekerja saat ini tidak harus bertatap muka langsung dengan para kolega. Tentu saja, tidak semua jenis pekerjaan bisa dilakukan di rumah.

Bekerja dari rumah bisa lebih efektif jika didukung dengan keberadaan ruangan khusus. Ruangan ini selain berfungsi menunjang aktivitas, juga bisa menjadi sumber inspirasi.

Baca juga: 4 Prioritas Sebelum Mendesain Ruang Kerja di Rumah

Untuk itulah kini, banyak orang yang ramai mendesain ruangan khusus untuk bekerja. Tetapi kebutuhan akan ruang kerja tak hanya tentang persoalan desain saja, namun juga fungsinya.

Dengan demikian, sebelum mendesain ruang kerja pribadi di rumah, ada baiknya menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut terlebih dahulu, seperti dilansir dari laman Enterpreneur:

1. Jenis pekerjaan apa yang perlu dilakukan?

Apakah Anda merupakan seorang seniman yang membutuhkan ruang yang cukup besar, atau Anda seorang desainer grafis yang hanya memerlukan ruangan cukup untuk beberapa peralatan saja?

Setiap jenis pekerjaan tentu memiliki kebutuhan yang berbeda. Mengenali tipe pekerjaan menjadi hal yang paing penting sebelum memutuskan untuk membuat ruang kerja sendiri di rumah.

Ini karena Anda harus menyiapkan beberapa benda yang sesuai dengan jenis pekerjaan, seperti tempat penyimpanan ekstra, meja kerja dengan monitor layar lebar, atau meja dengan mesin printer berbagai ukuran.

Langkah selanjutnya adalah mengatur ruang Anda. Di mana Anda akan meletakkan kantor Anda? Tidak perlu besar atau ekspansif, tetapi harus terpisah dari area lain.

Anda mungkin dapat mengubah ruang tamu yang hanya Anda gunakan beberapa kali setahun atau area lain yang kurang dimanfaatkan menjadi ruang kerja.

Setelah itu, buat atau letakkan tempat penyimpanan di ruangan tersebut. Simpan semua pekerjaan di ruang itu agar Anda mudah menemukan sesuatu.

Tempat penyimpanan ini juga berfungsi menjaga ruangan lajn agar bebas dari benda-benda yang terkait dengan pekerjaan.

Pengelompokan ruangan memungkinkan Anda untuk bersantai di rumah saat Anda tidak bekerja.

2. Apakah akan ada klien yang akan mengunjungi ruang itu? Atau apakah rekan kerja Anda akan berkunjung untuk melakukan kolaborasi?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com