Sepanjang 2019, Sumut Bangun 89 Kilometer Jalan dan 169 Meter Jembatan

Kompas.com - 30/12/2019, 22:16 WIB
Sekretaris Daerah Provinsi Sumut R Sabrina membuka Rapat Koordinasi Pembinaan Jalan Daerah Provinsi Sumut Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provinsi SumutSekretaris Daerah Provinsi Sumut R Sabrina membuka Rapat Koordinasi Pembinaan Jalan Daerah Provinsi Sumut

MEDAN, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) fokus meningkatkan kualitas infrastrukturnya mulai jalan, pelabuhan dan angkutan massal.

Infrastruktur merupakan salah satu indikator keberhasilan pembangunan dan taraf ekonomi suatu daerah.

Sepanjang tahun 2019, total pembangunan dan peningkatan jalan provinsi adalah 89,16 kilometer dan jembatan 169,27 meter.

Berdasarkan data Dinas Bina Marga dan Bina Kontruksi Provinsi Sumut, dari 3.005,65 kilometer jalan provinsi, Pemprov Sumut melakukan pemeliharaan rutin jalan sepanjang 2.141 kilometer dan pemeliharaan rutin jembatan sepanjang 9.939,53 meter.

Baca juga: Desain Sport Center PON 2024 Sumut Mengadopsi Pohon Kelapa Sawit

Jalan yang dibangun di antaranya untuk mendukung kelancaran akses menuju kawasan wisata Tangkahan sepanjang 2 kilometer, jalan menuju Bukitlawang sepanjang 4 kilometer, dan jalan di kawasan Danau Toba melalui akses Rawasaring sepanjang 8,9 kilometer.

Selain itu, Pemprov Sumut juga membuka kawasan akses terisolasi menuju Danau Toba dengan membangun jalan pada ruas Jalan Aek Kotabatu–Bts. Tobasa-Bts. Labura–Prasoburan–Silimbat sepanjang 5,5 kilometer.

Ditjen Bina Marga membangun akses jalan dan jembatan untuk mendukung 5 Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) super prioritas. Salah satu destinasi super prioritas tersebut adalah Danau Toba di Sumatera Utara.Dok. Bina Marga Ditjen Bina Marga membangun akses jalan dan jembatan untuk mendukung 5 Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) super prioritas. Salah satu destinasi super prioritas tersebut adalah Danau Toba di Sumatera Utara.
Masih untuk mendukung percepatan pembangunan infrastruktur Danau Toba sebagai destinasi wisata super prioritas, Pemprov Sumut membangun infrastruktur pendukung dan fasilitas di delapan pelabuhan yaitu Balige, Tongging, Marbuntoruan dan Muara, Tigaras, Simanindo, Ambarita, dan Ajibata.

Sekretaris Daerah Provinsi Sumut R Sabrina menjelaskan, selain infrastruktur jalan, juga disediakan angkutan umum massal yang handal dan mendukung pengembangan Kawasan Strategis Nasional Medan Binjai, Deliserdang dan Karo (Mebidangro).

Dirancang penyediaan angkutan massal berbasis Lintas Rel Terpadu (Light Rapid Transit/LRT) dan Bus Rapid Transit (BRT).

Mereka juga bekerja sama dengan Korea Rail Network Authority (KRNA) untuk pengembangan sistem perkeretaapian.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X