Kayuagung, Ruas Tol Terpadat di Sumatera Sepanjang Mudik Natal

Kompas.com - 30/12/2019, 17:36 WIB
Kayu Agung Jadi Ruas Tol JTTS Paling Banyak Dilalui Sepanjang Nataru Dok. SEVP of Corporate Secretary PT Hutama Karya (Persero)Kayu Agung Jadi Ruas Tol JTTS Paling Banyak Dilalui Sepanjang Nataru

JAKARTA, KOMPAS.com - Executive Vice President Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya J Aries Dewantoro mengatakan Gerbang Tol (GT) Kayuagung merupakan ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) terpadat dilalui pengendara sejak libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Menurut Aries, kepadatan arus lalu lintas GT Kayuagung tersebut terlihat hingga Minggu, (29/12/2019).

“Dari beberapa ruas yang telah beroperasi, sampai tanggal 29 kemarin,  GT Kayuagung yang paling ramai,” ucap Aries.

GT Kayuagung merupakan salah satu akses keluar dan masuk ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka). 

Ruas tol sepanjang 189 kilometer ini menghubungkan provinsi Lampung dan Sumatera Selatan. GT Kayuagung sendiri berada di posisi kilometer 33 dari Palembang, Sumatera Selatan.

Lalu-lintas Harian Rata-rata (LHR) GT Kayuagung sebanyak 1.180 kendaraan masuk dan 1.295 kendaraan keluar.

Baca juga: Jalan Tol Trans-Sumatera Terpantau Lancar

Jika dibandingkan dengan ruas-ruas tol beroperasi di JTTS lainnya, GT Kayuagung merupakan akses jalan tol dengan LHR terendah. Namun, untuk momen Nataru justru paling banyak dilalui pengendara jalan tol.

“Uniknya, untuk masa liburan akhir tahun ini, sejak tanggal 20-29 Desember kemarin GT Kayuagung bisa dibilang adalah gerbang yang paling sibuk di antara yang lain,” kata Aries.

LHR  normal semua gerbang tol JTTS di atas 5.000 kendaraan setiap harinya. Sejak masa liburan Natal dan Tahun Baru GT Kayuagung telah diakses lebih dari 111.000 kendaraan.

Berdasarkan laporan volume kendaraan per tanggal 29 Desember kemarin, arus masuk GT Kayuagung tercatat di angka 12.658 kendaraan.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X