Patung Presiden Soekarno Dipasang di Perbatasan Motamasin-Timor Leste

Kompas.com - 26/12/2019, 11:28 WIB
Patung Soekarno mulai dipasang di Perbatasan Motamasin Sigiranus Giran Bere/Kompas.comPatung Soekarno mulai dipasang di Perbatasan Motamasin

KUPANG, KOMPAS.com - Patung Presiden Soekarno dengan tinggi enam meter mulai dipasang di Pos Lintas Batas Negara ( PLBN) Motamasin, Kabupaten Malaka, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kepala Proyek PT Nindya Karya (Persero) untuk Pembangunan PLBN Motamasin Dony Prastya Kesuma mengatakan, material patung tersebut terbuat dari perunggu.

"Patung ini dibuat di Kota Yogyakarta dan tiba di PLBN Motaain, Sabtu (21/12/2019) lalu," ujar Dony kepada Kompas.com, Senin (23/12/2019).

Dony menjelaskan, di sekitar area patung dibangun taman kecil yang dilengkapi tangga dan umpakan untuk patung, sehingga total keseluruhan tinggi patung mencapai 10 meter.

Patung ini terdiri dari dua struktur. Pertama struktur bawah, berupa pondasi dengan menggunakan bor pile (pondasi tabung).

Kedua umpakan segitiga dan patungnya. Patung ini dirancang setinggi enam meter, sedangkan umpakannya setinggi tiga meter, serta tangga setinggi satu setengah meter.

Baca juga: Sarana Penunjang PLBN Motamasin Selesai Juli 2020

Letak patung ini di bagian utara PLBN. Bentuk patung Soekarno ini mengenakan peci dan tangan kiri menggengam tongkat, sedangkan tangan kanan sedang menunjuk ke zona inti bangunan PLBN Motamasin.

Menurut Dony, keberadaan patung Soekarno dan juga sebelumnya telah dibangun patung Burung Garuda, menunjukkan karakter Indonesia sebagai bangsa yang besar.

Keberadaan patung Soekarno dan fasilitas pendukung lainnya, lanjut Dony, tentu akan menjadi daya tarik wisata bagi warga lokal dan sekitarnya.

"Target penyelesaian patung ini sama dengan bangunan lain sesuai dengan kontrak pada bulan Juli 2020. Tapi kami harapkan bisa lebih cepat," kata Dony optimistis.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X