338.000 Kendaraan Puncaki Arus Balik Nataru 25-26 Desember

Kompas.com - 25/12/2019, 11:44 WIB
Kepadatan kendaraan jelang libur natal dan tahun baru 2020 Kepadatan kendaraan jelang libur natal dan tahun baru 2020

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki puncak arus balik Natal 2019, PT Jasa Marga (Persero) Tbk memprediksi sebanyak total 338.000 kendaraan akan kembali ke Jakarta.

Arus balik tersebut diprediksi baik dari arah timur melalui GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama, dari arah barat melalui GT Cikupa, maupun dari arah Selatan melalui GT Ciawi dalam rentang waktu dua hari, yaitu tanggal 25-26 Desember 2019.

"Jumlah ini meningkat sekitar 43 persen dari lalu lintas harian (LHR) normal sebanyak 234.000 kendaraan," terang Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk Dwimawan Heru, Rabu (25/12/2019).

Arus balik dari arah timur diprediksi menjadi arus lalu lintas tertinggi yang akan kembali ke Jakarta melalui GT Cikampek Utama.

Sebanyak 98.000 kendaraan akan melintasi GT Cikampek Utama atau melonjak 97 persen dibanding lalu lintas harian normal sebanyak 50.000 kendaraan.

Baca juga: H-2 Nataru, Setengah Juta Kendaraan Kosongkan Ibu Kota

"Jasa Marga juga telah mempersiapkan beberapa langkah antisipasi peningkatan volume kendaraan pada arus balik Natal 2019, yaitu melalui penambahan kapasitas transaksi di Gerbang Tol dengan menambah unit mobile reader," lanjut Heru.

Khusus Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated, Jasa Marga juga menambah 3 unit Oblique Approach Booth/OAB (gardu akses menyerong) di Gerbang Tol (GT) Cikunir 6 untuk pengguna jalan yang menuju ke arah Jatiasih Jalan Tol JORR.

Untuk memastikan kapasitas lajur, Jasa Marga dengan diskresi dan koordinasi dengan pihak Kepolisian akan terus melakukan rekayasa lalu lintas contra flow secara situasional.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X