VIRAL Sopir Truk Didenda Sejuta Rupiah, Ini Klarifikasi Pengelola Tol Sumo

Kompas.com - 22/12/2019, 18:30 WIB
Tangkapan layar video viral penegmudi truk yang didenda 2 kali lipat karena kartu E-Toll hilang. facebook/Sakti KurniaTangkapan layar video viral penegmudi truk yang didenda 2 kali lipat karena kartu E-Toll hilang.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kabar pemberlakuan denda sebesar dua kali jarak terjauh kepada penguna jalan Tol Surabaya-Mojokerto (Sumo) yang viral di media sosial, menjadikan kita wajib mengetahui hal-hal berikut ini.

Pertama, denda yang dikenakan kepada pengguna jalan tol tersebut sebesar Rp 1.002.000. Mengapa bisa demikian tinggi? Hal ini karena uang elektronik pengguna jalan tol tersebut hilang.

PT Jasamarga Surabaya Mojokerto ( JSM) selaku pengelola ruas Tol Sumo telah mengonfirmasi dan membenarkan informasi tersebut.

"Bahwa benar kasus ini terjadi di ruas kelolaan JSM pada Kamis (19/12/2019), dan penindakan sudah dilakukan sesuai dengan peraturan yang berlaku," kata Direktur Utama JSM Roy Ardian dalam keterangannya, Minggu (22/12/2019).

Baca juga: Luar Biasa, Dua Hari Mudik Nataru 378.165 Kendaraan Tinggalkan Jakarta

Kedua, pengguna jalan tol yang mengendarai truk itu, masuk dari Gerbang Tol (GT) Banyumanik dan keluar di GT Penompo.

Namun, di gerbang tol exit, pengemudi truk tersebut mengaku kehilangan uang elektroniknya, sehingga oleh petugas gardu dikenakan denda dua kali jarak terjauh.

Penindakan tersebut, menurut Roy, sudah dilakukan sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2017 tentang Perubahan Ketiga atas PP Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol pasal 86 ayat 2 yang berbunyi:

Baca juga: Lalin Mudik Nataru di Tol Cipali Aman Terkendali

" Pengguna jalan tol wajib membayar denda sebesar dua kali tarif tol jarak terjauh pada satu ruas jalan tol dengan sistem tertutup dalam hal:

a. pengguna jalan tol tidak dapat menunjukkan bukti tanda masuk jalan tol pada saat membayar tol

b. menunjukkan bukti tanda masuk yang rusak pada saat membayar tol

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X