Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Trans Sumatera Jadi Favorit Pemudik, Volume Lalin Naik Signifikan

Kompas.com - 22/12/2019, 15:26 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) Ruas Bakauheni–Terbanggi Besar–Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 329 kilometer masih menjadi pilihan utama pemudik, tiga hari jelang Perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru).

Sejak Sabtu (21/12/2019) malam hingga Minggu (22/12/2019) pukul 12.00 WIB, PT Hutama Karya (Persero) mencatat sebanyak 19.822 kendaraan memasuki JTTS melalui gerbang tol (GT) Bakauheni Selatan, dan 14.221 kendaraan keluar melalui GT yang sama.

Executive Vice President Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya J Aries Dewantoro mengatakan, peningkatan kendaraan pada arus mudik Nataru di JTTS paling signifikan terjadi pada Sabtu (21/12/2019) malam.

 

 

“Dari pantauan kami, tercatat kendaraan meningkat pesat Sabtu kemarin yaitu sebanyak 11.685 kendaraan dan menimbulkan antrean di GT Bakauheni Selatan,” ujar Aries.

Baca juga: Malam Ini Puncak Arus Natal, 56.000 Mobil Lintasi Tol Trans Sumatera

Untuk menyiagakan terjadinya penumpukan kendaraan di gerbang tol, Hutama Karya memastikan operasionalisasi seluruh gardu, serta menyiagakan mobile reader.

Contohnya, di GT Bakauheni Selatan yang semula terdiri dari 5 gardu, ditambah menjadi 7 gardu. Di samping itu, petugas-petugas juga telah disiagakan terutama jika terjadi kendala dengan pembayaran menggunakan uang elektronik.

PT Hutama Karya (Persero) selaku pengelola jalan tol terpanjang tersebut telah melakukan berbagai persiapan guna memenuhi kebutuhan pengguna jalan tol di JTTS.

Teramsuk kesiapan rest area di JTTS  yang sudah dapat berfungsi maksimal dengan berbagai fasilitas seperti SPBU, musholla, toilet, lahan parkir yang memadai, tempat pengisian uang elektronik, hingga rumah makan.

Di ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar hingga Terbanggi Besar-Kayu Agung terdapat 13 rest area  dengan 2 (dua) tipe A (TIP) dan tipe B (TI) yang berfungsi secara penuh.

Sementara di ruas Palembang-Indralaya dan Medan-Binjau, terdapat 7 tempat istirata sementara yang beroperasi fungsional.

Aries mengimbau pengguna jalan yang akan melintasi JTTS agar mengecek kembali kesiapan kendaraan serta mengisi penuh bahan bakar serta memastikan kembali kecukupan saldo uang elektronik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com