Menjamin Keselamatan Mudik Natal dan Tahun Baru

Kompas.com - 22/12/2019, 11:00 WIB
Tol layang Jakarta-Cikampek KOMPAS.com/GilangTol layang Jakarta-Cikampek

ADA yang berbeda dengan Mudik Natal dan Tahun Baru atau Nataru dengan Mudik Lebaran. Perbedaan itu adalah minimnya pengguna sepeda motor.

Hal ini cukup membantu dan tidak merepotkan petugas di lapangan untuk mengatur arus lalu lintas.

Hanya, yang bertambah adalah jumlah perjalanan menuju tempat wisata. Perhatian yang berhubungan dengan pariwisata seharusnya lebih diprioritaskan.

Setelah Jalan Tol Tran Jawa dan sebagian Jalan Tol Trans Sumatera terhubung, perhatian terhadap jalan non tol mulai berkurang.

Publik memang lebih banyak memilih bepergian  pada akhir tahun ini memanfaatkan jalan tol yang sudah terhubung.

Jika lancar, dapat memangkas waktu perjalanan hingga 50 persen dari sebelumnya. Walaupun harus mengeluarkan ongkos lebih untuk membayar tarif tol demi kondisi lebih nyaman dan menyingkat waktu perjalanan.

Pada Mudik Nataru kali ini ada tambahan kapasitas jaringan jalan tol, yakni Tol Layang Jakarta-Cikampek 36,4 kilometer, dan Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung 189 kilometer.

Kemudian sebagian ruas Tol Balikpapan-Samarinda 58,7 kilometer, fungsional sebagian ruas Tol Manado-Bitung dan fungsional ruas Kayu Agung-Palembang.

Ruas Tol Layang Jakarta-Cikampek, Tol Balikpapan-Samarinda dan Tol Terbanggi Besar-Kayu Agung belum dikenakan tarif.

Ruas Tol Layang Jakarta-Cikampek semula dibatasi kecepatan melajunya 60 kilometer per jam. Belum ada instrumen untuk menindak laju kendaraan tidak sesuai batas yang diizinkan, rasanya sulit membatasi kecepatan tidak lebih dari 80 kilometer per jam.

Apalagi kendaraan yang digunakan mendukung kecepatan tinggi melaju di jalan tol. Kehati-hatian pengguna jalan tol layang menjadi pengendali.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X