Sempat Macet 3 Jam, Arus Lalin Tol Layang Cikampek Kembali Lancar

Kompas.com - 21/12/2019, 12:37 WIB
Macet di Tol Layang Jakarta-Cikampek HandsoutMacet di Tol Layang Jakarta-Cikampek

JAKARTA, KOMPAS.com - Perkiraan puncak arus mudik Natal (2019) dan Tahun Baru (2020) atau Nataru yang terjadi pada Sabtu-Minggu tanggal 21-22 Desember 2019 terkonfirmasi dengan tersendatnya lalu lintas di Tol Layang Jakarta-Cikampek selama tiga jam.

Seorang pemudik dengan akun @internetbahaya, mengunggah foto kondisi kemacetan di tol layang yang baru diresmikan Presidek Joko Widodo (Jokowi) pada 12 Desember tersebut.

Tampak antrean kendaraan tak berjarak memenuhi jalan yang dirancang sepanjang 36,4 kilometer pada pukul 09.20 WIB.

Baca juga: Lalu Lintas Mudik Nataru Diperkirakan Melonjak 82 Persen

Atas kepadatan ini, arus lalu lintas menuju Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek untuk sementara dialihkan ke jalur bawah, yakni Jalan Tol Jakarta-Cikampek eksisting.

Menurut TMC Polda Metro Jaya, tersendatnya arus lalu lintas karena imbas dari adanya kendaraan yang mengalami gangguan di KM 22-23 Tol Layang Jakarta-Cikampek.

Corporate Communication Executive PT Jasa Marga (Persero) Tbk Panji Satriya membenarkan hal ini kepada Kompas.com.

"Tadi ada gangguan sedikit di sekitar KM 22-23, tapi saat ini sudah selesai. Kepadatan juga akibat peningkatan volume lalu lintas," ujar Panji.

Sebelumnya, Jasa Marga telah memprediksi puncak arus mudik Nataru terjadi pada 21-22 Desember.

Volume kendaraan yang melintas diperkirakan melonjak hingga 82 persen dibanding lalu lintas harian rata-rata (LHR) normal, serta meningkat sebesar 28 persen dibanding tahun 2018.

Puncak arus mudik diprediksi jatuh pada hari Sabtu, 21 Desember 2019, sebanyak 61.000 kendaraan akan melintasi GT Cikampek Utama menuju Jalan Tol Trans Jawa.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X