Pasar CitraGarden Gowa Naik Level ke Menengah Atas

Kompas.com - 19/12/2019, 15:02 WIB
Adapun perumahan CitraGarden Gowa dibangun di lahan seluas 27 hektare dan telah terbangun 8 klaster residensial Dok Ciputra GroupAdapun perumahan CitraGarden Gowa dibangun di lahan seluas 27 hektare dan telah terbangun 8 klaster residensial
Editor M Latief

JAKARTA, KOMPAS.com – Pembangunan kawasan CitraGarden Gowa, Makassar, terus berkembang dan diikuti naiknya permintaan hunian (rumah). Secara umum penjualan rumah di perumahan yang dibangun oleh Ciputra Group itu cukup stabil dan tumbuh sekitar 10 persen dibandingkan 2018 lalu.

"Sekarang sudah lebih 1.000 unit rumah yang dibangun dan diserahterimakan. Sekitar 80 persen unit sudah terhuni yang sebagian besar penghuninya keluarga muda dan profesional yang bekerja di Makassar dan sekitarnya," papar Ilham, Project Manager CitraGarden Gowa, dalam keterangan tertulis, Rabu (18/12/2019).

Ilham mengakui, stabilnya penjualan tersebut karena proyek perumahan itu ada di dekat perbatasan Kota Makassa. Selain dekat dengan pusat bisnis, harga lahan di kawasan ini relatif masih terjangkau dibandingkan di Kota Makassar yang jaraknya hanya 5 sampai 10 km.

Tak hanya itu. Di sekitar lokasi perumahan juga terdapat beberapa fasilitas pendukung perumahan, seperti sekolah menengah atas, kampus (Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin), RS Umum Syekh Yusuf, dan lain-lainnya yang bisa ditempuh hanya sekitar 5 menit.

Dengan harga rumah berkisar Rp500 juta sampai Rp1,2 miliar, lanjut Ilham, kebanyakan pembelinya adalah end-user yang menjadikan sebagai rumah pertama. Dia mengatakan, dengan meningkatnya permintaan rumah di CitraGarden Gowa itu dalam waktu dekat pihaknya akan merilis tipe rumah baru 2 lantai seharga Rp900 jutaan.

Ilham menuturkan, tipe rumah baru itu baru dibangun bergaya klasik modern. Lokasinya berada di Cluster Primera yang sudah dihuni.

"Kalau dibandingkan perumahan lain di sekitarnya harga rumah 2 lantai dengan 4 kamar ini masih kompetitif, ukuran luas bangunannya 81 meter persegi. Ini tipe baru pertama di sini dan untuk pengembangannya masih ada ekstra lahan bisa dibangun, " ujar Ilham.

Menurut Ilham, di klaster yang sama Ciputra sudah lebih dulu memasarkan rumah seharga Rp400 jutaan dan dalam waktu singkat sudah terjual habis. Saat ini pihaknya membidik kebutuhan pasar dengan patokan harga Rp900 jutaan.

Ilham beralasan, saat ini pasar di CitraGarden sudah mengarah ke menengah atas. Hal itu terbukti dari produk huniannya yang seharga Rp1 miliar habis terjual.

Adapun perumahan CitraGarden Gowa dibangun di lahan seluas 27 hektare dan telah terbangun 8 klaster residensial (Green Perilla, Orange Tangerine, Red Petunia, Yellow Celosia, Silver Cloves, Ivory Palm, Bronze Astelia, dan Golden Tulip) yang merupakan pembangunan Tahap I. Sementara kawasan komersial, yakni Ruko Flavour Walk Tahap 1 dan 2 yang seluruhnya sudah terjual 100 persen.

Dia mengatakan, pada 22 Desember 2019 mendatang Ciputra akan membuka perjualan perdana. Melihat kondisi pasar dan lingkungan yang sudah semakin tertata rapi, Ilham optimistis penjualan tahun depan semakin bagus.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X