Kamis Pukul 06.00 Wita, Tol Balikpapan-Samarinda Dibuka untuk Umum

Kompas.com - 18/12/2019, 23:59 WIB
Tol Balikpapan-Samarinda Dokumen Jasamarga Balikpapan SamarindaTol Balikpapan-Samarinda

JAKARTA, KOMPAS.com -  Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Seksi II, III, dan IV atau Ruas Samboja-Samarinda akan dibuka untuk umum pada Kamis (19/12/2019) pukul 06.00 Wita.

Masyarakat dapat mengakses jalan tol melalui dua gerbang tol (GT), yakni GT Samboja dan GT Palaran.

Direktur Utama PT Jasamarga Balikpapan Samarinda (JBS) STH Saragi mengatakan, jalan tol ini untuk sementara waktu dioperasikan tanpa tarif sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat.

Jalan tol pertama di Kalimantan ini akan dibuka untuk pengguna jalan besok pagi dan masih dioperasikan tanpa tarif,” ujar Saragi.

Walaupun tanpa tarif, Saragi mengimbau pengguna jalan harus menyiapkan uang elektronik dan kecukupan saldonya sebelum memasuki GT.

Pengguna jalan wajib membawa uang elektronik karena walaupun dapat mengakses jalan tol tanpa tarif, pengguna jalan tetap harus melakukan tap uang elektronik di gerbang tol,” tambahnya.

Jalan Tol Balikpapan-Samarinda beroperasi dengan sistem transaksi tertutup, yaitu tarif tol dikenakan proporsional (sesuai jarak).

Untuk itu, Saragi menegaskan pentingnya penggunaan satu uang elektronik yang sama dalam satu transaksi.

Uang elektronik yang digunakan pengguna jalan saat melakukan tap in di GT masuk (entrance) harus sama dengan yang digunakan saat tap out di GT keluar (exit).

"Saat di gardu masuk, pengguna jalan tol akan memperoleh data asal dan golongan kendaraan, sedangkan di gardu keluar pengguna jalan akan melakukan pembayaran tol sesuai asal tujuan dan memperoleh tanda terima,” jelas Saragi.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X