17 Pendiri "Startup" Ikut Program eFounder Fellowship Alibaba

Kompas.com - 18/12/2019, 16:05 WIB
Partisipan Indonesia saat Mengikuti Program eFounders Fellowship Dok. National Association for Female Executives Partisipan Indonesia saat Mengikuti Program eFounders Fellowship

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan e-commerce asal China Alibaba menyelenggarakan program eFounder Fellowship angkatan ke-8 di Hangzhou.

Program tersebut diselenggarakan atas kerja sama yang dilakukan antara Alibaba Business School dan badan PBB United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD).

Program eFounder Fellowship ini diiikuti oleh 38 pendiri startup dari berbagai negara di Asia Tenggara, 17 orang di antaranya berasal dari Indonesia.

Para partisipan datang dari berbagai latar belakang industri, seperti e-commerce, fintech, logistik, dan pariwisata.

Program eFounder Fellowship bertujuan untuk memberdayakan para pendiri startup dari negara-negara berkembang sehingga nantinya dapat memanfaatkan transformasi digital demi mewujudkan perkembangan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

“Dewasa ini, pendiri startup kerap dituntut atau merasa harus membesarkan perusahaan mereka, kadang tanpa memedulikan bagaimana pun caranya,” terang Afia Fitriati, salah satu peserta sekaligus Founder dari Gadjian, startup yang bergerak di bidang sistem Human Resource, pada seremoni penutupan program eFounders Fellowship.

Baca juga: Alibaba Resmi Mencatatkan Saham di Hong Kong

Para partisipan diajarkan membangun budaya yang tepat untuk perusahaan, menjadi pemimpin yang baik, serta menciptakan lingkungan kondusif yang dapat menumbuhkan budaya yang positif.

“Program ini menyadarkan saya bahwa ada begitu banyak teknologi baru yang bisa dimanfaatkan untuk mengangkat mereka yang belum terwakili di Indonesia," terang Pendiri Crowde Yohanes Sugihtononugroho, startup yang bergerak di bidang finansial.

Pada penghujung program, para partisipan diminta mengungkapkan rencana untuk berbagi wawasan baru yang telah mereka dapatkan melalui program ini dengan para wirausahawan dan komunitas lain di negara asal masing-masing.

Jack Ma selaku Pendiri Alibaba Group menargetkan dapat memberdayakan lebih dari 1.000 wirausahawan untuk mencapai kesuksesan dalam mewujudkan perkembangan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan melalui ekonomi digital dalam waktu lima tahun.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X